Edutek  

Tak Sedikit Perenang Handal Tewas Tenggelam, Tak Percaya? Berikut Daftar Namanya

Wisatawan Pantai Drini Tewas
ilustrasi

jogjakartanews.com – Sebagaimana kelahiran dan jodoh, Kematian adalah sudah menjadi ketetapan tuhan. Tak ada seorangpun yang bisa menentukan kapan seseorang lainnya akan meninggal dengan cara apa. Bahkan kadang kematian seseorang justru karena dia sedang melakukan Tindakan yang sebenarnya menjadi keahliannya. Seperti misalnya, perenang atau atlet renang tewas tenggelam.

Berikut beberapa perenang handal atau atlet renang yang meninggal dunia karena tenggelam yang dirangkum jogjakartanews.com dari berbagai sumber:

1.James Rigg

James Rigg adalah mahasiswa perenang asal Arizona State University. Ia ditemukan tewas mengapung di gelanggang renang The Mona Plummer Aquatic Complex di kampusnya pada 17 oktober 2011 silam.

Penyebab kematian Rigg diduga karena tenggelam setelah sebelumnya melompat dari tower loncat indah di atas kolam sedalam 18 kaki atau 5,4 meter ketika latihan untuk lomba renang antar kampus.

Semasa hidup, pemuda yang tutup usia pada umur 21 tahun tersebut merupakan perenang andalan Arizona State University sepanjang 2009-2010.

2.Perenang Defabel JS

Seorang atlet nasional cabang olahraga renang di tim disabilitas buta aksara, inisial JS (57) meninggal dunia usai tenggelam di kolam renang GOR Segiri Kota samarinda pada Jumat 17 September 2021 sekira pukul 16.30 Wita.

Atlet yang tinggal di Jl Wolter Monginsidi Kelurahan Dadi Mulya tersebut, saat kejadian ditemukan dalam keadaan lemas. Saksi pun sempat meminta tolong karena korban alami keram bagian kaki dan paha di kolam renang. Hidung korban juga mengeluarkan darah. selanjutnya korban dibawa ke RSUD Abdul Wahab Syahranie Samarinda dan dinyatakan meninggal dunia.

Meski perenang handal namun korban selama ini punya riwayat sakit strok namun tetap dipaksakan untuk latihan renang.

3.Simon Sayuti

Simon Sayuti, warga Jl Kapoposang, Makassar adalah pria lanjut usia yang dikenal mahir berenang. Ia ditemukan tewas di laut tak jauh dari Pelabuhan Hatta Makassar pada Senin 7 Februari 2020 yang lalu. Diduga, kakek yang meninggal di usia 80 tahun tersebut mengalami keram pada kaki saat berenang.

Semasa hidup Simon diketahui hamper setiap pekan beraktivitas renang dan juga terapi di pinggir pantai itu. Ia bahkan termasuk kuat berenang sampai 100 meter ke bibir pantai.

4.Tangmo Nida Patcharaveerapong

Tangmo Nida Patcharaveerapong adalah salah satu artis yang juga perenang andal dari negara Thailand. Sosok artis cantik itu dunia pada Kamis 24 Februari 2022 yang lalu. Ia dikabarkan jatuh ke sungai, lalu tenggelam dan terbawa arus sungai yang deras jasadnya baru ditemukan di dekat dermaga pibulsongkram pada Sabtu 26 Februari 2022.

Panida, sang ibunda Tangmo Nida Patcharaveerapong bahkan sampai tak percaya karena putrinya tewas di usia 38 tahun karena tenggelam, pasalnya Tangmo Nida adalah perenang andal sejak kecil.

Tewasnya para perenang atau atlet handal karena tenggelam agak sulit dipercaya. Namun begitulah takdir kematian yang hanya bisa ditentukan oleh Tuhan dan tak ada seorang manusiapun yang bisa mencegah ajal. (*)

Penulis: Ade Sanjaya

Editor: Hamzah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.