Edutek  

Berat, Begini Latihan Fisik dan Mental Siswa Kodiklat AL

SURABAYA- Dalam rangka melatih ketahanan mental dan fisik, Satuan Pendidikan atau Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban mengadakan latihan Long March bagi siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke-42 TA 2022, dan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan Ke-42 TA 2022 , Selasa (31/05/2022).

“Long March sendiri merupakan latihan kemampuan menggunakan tenaga dalam melaksanakan kegiatan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain, dengan berjalan kaki dan langkah yang tetap dalam jarak dan waktu relatif lama yang bertujuan untuk melatih ketahanan fisik, kekuatan mental dalam menghadapi berbagai rintangan medan tempur yang berbeda-beda,” terang Dansatdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban Kolonel Laut (P) Slamet Nurdiharto, disela latihan.

Kolonel Slamet yang ikut langsung mendampingi siswa  dalam kegiatan tersebut menambahkan, Long March diikuti oleh 89 siswa Dikmaba Pria, dan 10 siswa Dikmaba Wanita, serta 150 siswa Dikmata. Para siswa menempuh perjalanan sesuai rute yang telah ditentukan sepanjang 16 Km, dari pagi hingga siang hari sambil menyandang senjata laras panjang. Untuk memberi semangat, seluruh siswa wajib bernyanyi bersama menyanyikan lagu-lagu mars TNI AL.

 Lebih lanjut menurut Kolonel Slamet, latihan Long March juga menjadi bagian dari upaya membina sumber daya manusia TNI AL yang kuat, profesional, tanggon dan trengginas sebagaimana penekanan Dankodiklatal Letnan jenderal TNI (Mar) Suhartono, yang selaras dengan progoram prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. (pr/kt3)

Redaktur: Hamzah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.