Jabatan Prof Yudian Sebagai Ketua BPIP Diperpanjang Hingga 2027

Prof.Drs. K.H.Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang masa kerja pejabat puncak di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) hingga tahun 2027.

Pada jabatan Dewan Pengarah, Jokowi kembali bakal melantik Megawati Soekarnoputri. Untuk jabatan Ketua BPIP masih dijabat mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof.Drs. K.H.Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Dewan pengarah dan sejumlah pejabat BPIP periode 2022-2027 dijadwalkan akan dilantik oleh Presiden Jokowi hari ini, Selasa (07/06/ 2022).

“Ya (Presiden Jokowi melantik Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP masa jabatan 2022-2027 hari ini,” katanya dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Selasa (07/06/2022)

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada 13.30 WIB.

Para pejabat BPIP yang akan dilantik antara lain, sebagai Kepala yakni Yudian Wahyudi sebagai Wakil Kepala Karjono. Lalu sebagai Dewan Pengarah yakni Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Wisnu Bawa Tenaya, Said Aqil Siradj, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, Rikard Bagun dan Muhammad Amin Abdullah.

Untuk diketahui, BPIP merupakan salah satu lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

BPIP BPIP bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. Selain itu, BPIP juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

BPIP juga melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. (pr/kt4)

Redaktur: Hamzah

9 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.