Tips Memasak Daging Sapi Empuk tanpa Boros Gas yang Perlu Anda Coba

Tips Masak Daging Sapi
Masakan daging sapi. Foto: isal

Jogjakartanews.com – Saat momentum hari raya Idul Adha, pasti kebanyakan orang, terutama umat Islam mamsak daging hewan qurban, baik sapi maupun kambing. Untuk memasak daging, terutama daging sapi agar empuk memerlukan waktu lama, sehingga boros gas. Namun ada tips memasak daging sapi agar empuk tanpa boros gas.

Beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut:

1.Masak dengan Cara Bertahap

Agar tidak boros gas namun hasilnya empuk, Rebus daging dengan menggunakan panci tertutup hingga mendidih, lalu tunggu hingga 5 menit. Kemudian matikan kompor.

Diamkan daging dalam panci tertutup hingga 30 menit. Lalu hidupkan kembali kompor, dan masak kembali daging selama 7 menit. Lalu matikan kembali kompor dan diamkan 30 menit.

Cara ini terbukti membuat daging sapi empuk dan matang sempurna.

2.Balut dengan daun papaya

Daun pepaya memiliki kandungan enzim alami yang berfungsi memecah protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Cara penggunaannya, ambil daun pepaya, bersihkan dengan air mengalir, keringkan, lalu jadikan pembungkus daging.

Usahakan setiap bagian daging terbungkus dengan baik dan diamkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, daging siap diolah. Lebih baik diolah dengan cara ke 1.

3. Lumuri Dengan Air Perasan Nanas

Nanas juga punya enzim alami yang bisa membuat daging sapi lebih cepat empuk. Namun berbeda dengan penggunaan daun pepaya untuk buah nanas perlu dihaluskan lalu diperas untuk diambil airnya atau bisa juga dijus.

Air perasan nanas atau perasan jus  siramkan ke daging. Campur hingga merata sehingga daging benar-benar terlumuri daging, lalu diamkan selama 30 menit.

4. Simpan dengan Wadah Kedap Udara di Freezer

Biasanya daging di simpan di lemari pendingin atau freezer. Sebaiknya jika menyimpan daging di freezer, gunakan wadah tertutup atau kedap udara dan diletakkan di rak bawah terlebih dulu minimal selama 24 jam. Setelah itu, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, baru dikeluarkan dari freezer, namun wadah jangan dibuka.

Mendiamkan daging sapi di suhu ruangan membantu suhu dagingnya turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata. Lebih baik diolah dengan cara 1.

5. Potong Kecil-Kecil dan Berlawanan Serat

Daging Sapi berserat besar. Serat ini yang membuat daging alot. Oleh karenanya dalam memotong daging sapi usahakan potong dengan melawan arah serat dan potong kecil-kecil. Dengan teknik pemotongan demikian, maka daging ketika dimasak akan empuk dan cepat matang.

Demikian tips dan trik mengolah daging sapi suapaya empuk tanpa boros Gas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (*)

Redaktur: Faisal

 

55 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.