Peringati 2 Dasawarsa Mengabdi, Forum PAUD Sleman Gelar Familly Gathering

Forum PAUD Sleman
Para tokoh PAUD Kabupaten Sleman saat menghadiri acara Familly Gathering “2 dasawarsa Perjalanan PAUD di Sleman.” Foto: Fefin Dwi S

SLEMAN – Peringati 2 dasawarsa atau 20 tahun eksistensi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD) Kabupaten Sleman menggelar Familly Gathering, di Rumah Makan Kopi Petung, Kepuharjo, Cangkringan Sleman, Rabu (02/11/2022).

Ketua forum PAUD Haryanti, M.Pd mengatakan, tema yang diangkat kegiatan adalah “2 dasawarsa Perjalanan PAUD di Sleman.”

Menurutnya, Forum PAUD Sleman dibentuk pada tahun 2004. Sejak dibentuk Forum PAUD telah melaksanakan program-program yang selaras dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman untuk memajukan PAUD di Kabupaten Sleman.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan Familly Gathering adalah sebagai sarana untuk mengingat kembali perjalan PAUD di Kabupaten Sleman selama 2 dasawarsa ini. Kegiatan ini juga sebagai sarana silaturahmi dan menempatkan keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai salah satu aset daerah Sleman,” ungkapnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Haryanti menjelaskan, kegiatan Familly Gathering juga bertujuan sebagai sarana menumbuhkan dan memperkuat modal sosial yang ada di masyarakat. Selain itu, kata dia, event yang pertama kali digelar ini juga sebagai upaya mendorong Forum PAUD di Kabupaten Sleman untuk bisa membangun komunikasi, bermitra, bekerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan, sebagai sarana para pendidik dan tenaga kependidikan Lembaga PAUD serta stakeholder untuk bersilaturahmi,” harapnya.

Kegiatan Familly Gathering diikuti sedikitnya 140 peserta dari pengurus Forum PAUD, guru atau pendidik, serta tamu undangan para sesepuh atau tokoh PAUD Kabupaten Sleman.

Hadir dalam acara Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Drs. Ery Widaryana, MM. didampingi Sekretris Dinas Pendidikan sekaligus Plt  Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas, Sri Adi Marsanto, ST, MA. Kemudian, mantan Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Dra. Sri Sumiyatun yang baru purna tugas, serta Wakil Ketua komisi D DPRD Kabupaten Sleman, dr. Raudi Akmal.

Dalam sambutannya Ery mengungkapkan apresiasinya terhadap terselenggaranya Familly Gathering yang diselenggarakan Forum PAUD Kabupaten Sleman. Menurutnya, peran guru PAUD sangat vital dalam membentuk karakter generasi bangsa sejak dini.

“Selamat kepada Forum PAUD Kabupaten Sleman yang sudah berkarya untuk memajukan Pendidikan PAUD di Sleman. Pendidikan PAUD ini luar biasa karena di PAUD ini kita bisa memberikan penanaman konsep dan pendidikan karakter kepada anak-anak. Dari anak-anak PAUD inilah kita bisa mempersiapkan generasi yang unggul di masa yang akan datang,” tuturnya.

Ery juga menilai Pendidik PAUD sudah melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi.

“Di PAUD inilah bapak ibu sekalian istilahnya hangabehi dalam memberdayakan anak-anak kita. Apapun dilakukan. Di rencana pembelajaran tidak dituliskan, tetapi dilakukan. Ini luar biasa,” ucapnya.

Ery berharap, para guru atau pendidik PAUD di Kabupaten Sleman tetap senantiasa melaksanakan tugasnya dengan tulus dan ikhlas demi mempersiapkan generasi penerus bangsa.

Sebagai bentuk perhatian dan penghargaan kepada guru PAUD, Pemerintah Kabupaten Sleman akan meningkatkan anggaran untuk fasilitasi pada tahun 2023 ini dana fasilitasi.

“Ini semua untuk mengampu biar semua terdaftar di BPJS ketenagakerjaan, sudah kita usulkan dan sudah di setujui. Inilah wujud perhatian pemerintah kabupaten agar guru PAUD dalam melaksanakan pengabdiannya lebih tenang dan kita harapkan lebih fokus dalam memajukan PAUD,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua komisi D DPRD Kabupaten Sleman, dr. Raudi Akmal mengatakan Point terpenting dari PAUD adalah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Ia mengingatkan agar PAUD juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi.

“Karena kemajuan teknologi tidak bisa dihambat. Kemajuan teknologi menjadi berdampingan dengan kita sebagai pendidik untuk menciptakan generasi emas di masa mendatang, generasi yang bisa mengembangkan Indonesi menjadi negara maju,” katanya.

Raudi menilai Forum PAUD telah melakukan langkah yang luar biasa dengan mengupayakan bagaimana para guru, pendidik dan tenaga kependidikan memiliki jiwa mengajar anak usia dini. Sebagai anggota dewan ia mendorong agar PAUD di Sleman semakin maju dengan turut mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru atau pendidik.

“Bagaimana kesejahteraan guru dan tenaga pendidik itu harus kita tingkatkan, tentunya dengan menggunakan dasar anggaran yang kita miliki. Kita terus melakukan improvisasi. Fasilitas untuk Guru PAUD penting, sehingga kita selalu berusaha bagaimana menciptakan fasilitas yang paripurna untuk para pendidik di Kabupaten Sleman,” pungkasnya.

Acara Familly Gathering “2 dasawarsa Perjalanan PAUD di Sleman.” Dimeriahkan dengan pentas kreatifitas pengurus Forum Paud perwakilan dari seluruh Kapanewon (Kecamatan) di Kabupaten Sleman. Dalam acara tersebut juga diserahkan kenang-kenangan dari pengurus Forum PAUD Kabupaten sleman kepada para tokoh PAUD yang sejak awal merintis PAUD di Sleman.  (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

65 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.