Erupsi Semeru Tak Pengaruhi Status Merapi

Puncak Merapi
Puncak Merapi. Foto: doc/jn

YOGYAKARTA – Terjadinya erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Minggu (04/12/22), tidak mempengaruhi status gunung Merapi. Saat ini, Gunung Merapi yang terletak di Kab Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kabupateb Magelang, Boyolali, dan Klaten, Jawa Tengah (Jateng) masih pada level III (Siaga).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aktivitas Gunung Merapi, Selasa (06/12/2022) periode Pukul 06:00-12:00 WIB, terjadi 9 kali gempa Guguran dengan amplitudo 3-11 mm dan lama gempa 21.2-81.6 detik.

Berdadsarkan pengamatan kegempaan, terjadi 2 kali gempa Hybrid/Fase Banyak dengan amplitudo 3-4 mm, S-P 0.2-0.4 detik dan lama gempa 5.8-6 detik. Kemudian, 20 kali gempa Vulkanik Dalam dengan amplitudo 3-11 mm, S-P 0.2-0.9 detik dan lama gempa 6.7-13 detik.

“Dari pengamatan Visual, Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 50-200 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah barat,” demikian dikutip dari keterangan resmi PVMBG.

Sementara itu untuk kondisi Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah barat. Suhu udara sekitar 20-26°C. Kelembaban 76-97.6%. Tekanan udara 835.7-917 mmHg. Intensitas curah hujan 36 mm per hari.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

PVMBG  menghimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

Masyarakat diimbau agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar G. Merapi. Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau Kembali.

Demikian laporan aktivitas gunung Merapi hari ini dikutip dari Magma Indonesia. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *