Beri Edukasi Pentingnya Olah Raga Saat Puasa Ramadhan, Ikatan Perempuan Mawar Merah Danukusuman Gelar Senam SICITA

Ikatan Perempuan Mawar Merah Danukusuman yang menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA), di Jalan Terate Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Minggu (19/03/2023) kemarin. Foto: ist
Ikatan Perempuan Mawar Merah Danukusuman yang menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA), di Jalan Terate Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Minggu (19/03/2023) kemarin. Foto: ist

YOGYAKARTA – Berbagai kegiatan digelar masyarakat Yogyakarta dalam menyambut bulan puasa Ramadhan tahun 2023 ini. Diantaranya Ikatan Perempuan Mawar Merah Danukusuman yang menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air ( Senam SICITA ), di Jalan Terate Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Minggu (19/03/2023) kemarin.

Kegiatan senam SICITA tersebut didukung anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Antonius Fokki Ardiyanto. Tak hanya warga kampung Danuskusuman, Senam SICITA juga diikuti oleh warga masyarakat di tiga kampung Kelurahan Baciro,  yaitu Mangkukusuman, Danukusuman dan Pengok Kidul.

Antonius Fokki Ardiyanto mengatakan, senam SICITA yang merupakan senam hasil ciptaan kader PDI Perjuangan perlu dikenalkan dan dilakukan saat masyarakat menjalankan puasa. Menurut Fokki, saat menjalankan puasa, perlu menjaga kebugaran tubuh. Berolah raga saat puasa, kata dia, banyak manfaatnya untuk Kesehatan.

Salah satu olah raga yang banyak direkomendasikan para ahli Kesehatan salah satunya senam.

“Menurut para ahli, olahraga saat berpuasa akan menjaga kesehatan otak, saraf, dan serat otot. Pentingnya olahraga saat puasa yaitu proses pembakaran lemak lebih cepat karena ketiadaan karbohidrat. Kemudian, bisa mendorong fleksibilitas, peremajaan tubuh, dan mengendalikan berat badan,” tuturnya yang saat dihubungi Selasa (21/03/2023) tengah melaksanakan tugas DPRD Kota Yogyakarta.

“Dengan olah raga senam pagi hari, dapat semakin mempererat persaudaraan dan saling menguatkan menjelang memasuki bulan puasa, disamping untuk kesehatan badan. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” pungkasnya.

Salah satu warga kampung Danukusuman Dessy (40) yang kemarin mengikuti senam SICITA mengungkapkan, masyarakat antusias dalam mengikuti kegiatan yang didukung Anggota DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mas Fokki yang selama ini selalu merespons apa yang menjadi kebutuhan warga masyarakat, dimana menjelang datangnya bulan ramadhan warga masyarakat yang tergabung dalam kelompok senam ingin berkumpul memberikan edukasi pentingnya olahraga saat puasa untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan senam bersama. Tak kalah penting, dengan senam bersama bisa menjalin dan mempererat silaturahmi,”

Pelaksanaan senam SICITA kemarin diakhiri dengan pembagian doorprise bagi semua peserta kelompok senam Danukusuman yang selama ini aktif berkegiatan turut menyehatkan masyarakat.

Selain itu,  Perempuan Mawar Merah Danukusuman yang merupakan bagian dari komunitas senam juga melaksanakan deklarasi dan ikrar untuk memenangkan PDI Perjuangan hattrik (tiga kali) dalam Pemilu 2024 mendantang, baik Pemilihan legislatif maupun Pemilihan presiden.

“Karena terbukti selama ini PDI Perjuangan dan di sini tentu Mas Fokki yang selalu mengakomodir kebutuhan dan aspirasi kami,” tutup Dessy. (rd1)

Redaktur: Ja’faruddin AS

54 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com