Jelang AICIEB 2023, FEBI UIN Salatiga Gelar Audiensi dengan BI Perwakilan Jateng

Audiensi Rombingan FEBI UIN Salatiga disambut Kepala BI Perwakilan Jateng. Foto: doc/FEBI UIN Salatiga
Audiensi Rombingan FEBI UIN Salatiga disambut Kepala BI Perwakilan Jateng. Foto: doc/FEBI UIN Salatiga

SEMARANG – Jelang pelaksanaan 4th Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB) Tahun 2023,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga ( FEBI UIN Salatiga ) menggelar audiensi dengan Kantor  Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah (BI Jateng), Rabu (31/05/2023).

Pelaksanaan AICIEB Tahun 2023 rencananya akan dihelat 22 Juni 2023 di Hotel Laras Asri Resort and Spa, Salatiga dan FEBI UIN Salatiga bertindak selaku Penyelenggara.

Rombongan yang dipimpin Dekan FEBI UIN Salatiga Dr. Mochlasin, M.Ag diterima langsung Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Rahmat Dwi Saputra.

Mochlasin menuturkan,  selain dalam rangka persiapan kegiatan AICIEB 2023 audiensi juga bertujuan untuk penjajakan kerjasama antara FEBI UIN Salatiga dan BI Perwakilan Jateng untuk memajukan Ekonomi Syariah di Indonesia, khususnya di Jateng.

“Penyelenggaraan AICIEB tahun ini adalah untuk yang ke-4 kalinya diselenggarakan FEBI UIN Salatiga. Tahun ini kami mengambil tema tentang peran ekonomi syariah dalam menghadapi masa ketidakpastian dan isu resesi global,” tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut Mochlasin didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Qi Mangku Bahjatulloh, Lc., M.SI., Dosen FEBI, Iskandar, M.Si., dan Humas FEBI, Heri Kurniawan, M.E.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BI Jateng, Rahmat Dwi Saputra menyatakan medukung sepenuhnya dan bersedia untuk menjadi keynote speaker pada acara tersebut.

“Kami (BI Perwakilan Jateng) Menyambut baik dan bersedia mendukung penyelenggraan AICIEB 2023 di Salatiga,” ungkapnya didampingi oleh Ndari Surjaningsih, Kepala Grup Perumusan dan Implementasi KEKDA, Mega Nazaretha, Analis Senior Fungsi Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif dan Ekonomi Syariah.

Selain itu, Rahmat juga menyatakan, Perwakilan BI Jateng juga bersedia untuk menjadi salah satu sponsor untuk mebdukung acara ini.

Mochlasin menjelaskan AICIEB 2023 rencana akan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan dan Pengelola Laboratorium FEBI PTKIN seluruh Indonesia.
Selain Kepala Perwakilan BI Jateng, Rahmat Dwi Saputra, Pemateri AICIEB yang sudah bersedia untuk hadir antara lain Prof. Dato’ Wira Dr. Jamil Osman (Advicer IIIT east and South East Asia), Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag. (UIN Syarif Hidayatullah), dan Hardika Dwi Hermawan, S.Pd., M.Sc.ITE (Founder & President Director, Desamind Indonesia Foundation
Head of Division at UMS Libraries & Digital Services Center)

Dalam kesempatan audiensi tersebut, Mochlasin juga menyampaikan mengenai kemungkinan kerja sama antara FEBI dengan BI Perwakilan Jateng dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan beasiwa.

Menanggapi hal tersebut, Rahmat menyampaikan BI Perwakilan Jateng membuka peluang kerjasama dengan FEBI UIN Salatiga.

“Nah, khusus Ekonomi Syariah, di BI sudah lebih dari 20 tahunan memiliki Divisi Ekonomi Syariah. Banyak hal yang sudah dicapai bersama para akademisi yang bekerja sama dengan BI,” ungkap Rahmat.

Dikatakan Rahmat, Ekonomi Syariah seharusnya tidak dipandang sebagai sistem ekonomi alternatif semata, tetapi solusi Jalan ketiga.

“Oleh Karenanya, Ekonomi Syariah harus dikaitkan dengan krisis lingkungan, green economy dan ekonomi sirkular,” ucap Rahmat.

Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan bersama untuk kolaborasi dan bersinergi antara BI perwakilan Jateng dengan FEBI UIN Salatiga untuk memajukan Ekonomi Syariah di Indonesia pada umumnya, maupun Jawa Tengah khususnya.

“Harapannya kerjasama antara FEBI dan UIN Salatiga ke depan akan semakin ditingkatkan,” harap Dekan FEBI UIN Salatiga Dr. Mochlasin, M.Ag. (rd1)

Redaktur: Faisal

63 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com