Lepas 38 Siswa, PAUD IT ADAR Gelar Akhirussanah Bernuansa Adat Jawa

Akhirussanah PAUD IT ADAR Tahun Ajaran 2022/ 2023 pada Sabtu (24/06/2023) di aula Balai Kalurahan Tirtomartani. Foto: Fefin
Akhirussanah PAUD IT ADAR Tahun Ajaran 2022/ 2023 pada Sabtu (24/06/2023) di aula Balai Kalurahan Tirtomartani. Foto: Fefin

SLEMAN – PAUD IT ADAR yang terdiri dari RA Ar Rafif, KB dan Day Care Abdi Desa di Ngajeg, Tirtomartani, Kalasan, Sleman menggelar Akhirussanah atau pelepasan siswa Tahun Ajaran 2022/ 2023 pada Sabtu (24/06/2023) di aula Balai Kalurahan Tirtomartani.

Lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Erhaka ini melepas 38 siswa yang terdiri dari 17 siswa KB dan 21 siswa RA.

Acara dihadiri Pembina Yayasan Erhaka Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM dan Ir. H. Haryono Kusomo, M.M. Turut hadir juga penilik PAUD Non Formal Kapanewon Kalasan H. Jainudin Walid, Pejabat perwakilan Kasi Dikmad Kementrian Agama Kabupaten Sleman dan pejabat yang mewakili Pemerintah Kalurahan Tirtomartani.

Kepala KB Abdi Desa, Safitri Fajarwati, S.Pd mengatakan Akhirussanah diselenggarakan sebagai  bentuk apresiasi kepada siswa yang telah menyelelesaikan pendidikannya jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk naik ke jenjang di atasnya baik di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI).

“Terkait peserta Akhirussanah yang mengenakan busana adat Jawa, ini sebagai salah satu bentuk menanamkan rasa cinta anak-anak terhadap budaya bangsa Indonesia, khususnya budaya Jawa,” ungkapnya di sela-sela acara.

Safitri menjelaskan, PAUD IT ADAR selain mengajarkan pengetahuan umum, juga membentuk karakter siswanya dengan menanamkan nilai-nilai agama Islam, khususnya akhlaqul karimah juga kecintaan terhadap budaya bangsa Indonesia.

“Kami berharap, anak-anak dari jenjang KB dan RA yang naik ke jenjang SD atau MI mudah-mudahan lebih semangat, lebih semngat lebih mandiri dan lebih hebat,” ungkapnya diamini Kepala RA Ar Rafif, Retno Kurniawati, S.Pd.I

Saat ini PAUD IT ADAR memiliki 92 siswa terdiri dari siswa KB dan Day Care Abdi Desa dan RA Ar Rafif. Dalam menyiapkan tahun ajaran baru 2023/2024, PAUD IT ADAR akan memantapkan penerapan kurikulum Merdek Belajar yang diprogramkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Ia menambahkan, salah satu penerapan Kulikulum merdeka belajar adalah mengkolaborasikan guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan pendidikan anak-anaknya.

“Tentunya ke depan kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan Pendidikan dengan harapan bisa terus mencetak generasi berprestasi dan berbudipekerti unggul, ” harapnya.

Safitri mengungkapkan, PAUD IT ADAR sejauh ini juga sudah menunjukkan sebagai Lembaga Pendidikan yang berkualitas.

“Beberapa keunggulannya antara lain RA Ar Rafif sudah terakreditasi A dan PAUD Abdi Desa sebagai juara I dalam lomba PAUD Inovatif tahun 2022,” ujarnya.

Selain itu, Siswa PAUD IT ADAR juga banyak yang mencetak prestasi dalam berbagai ajang perlombaan. Antara lain, menjuarai Lomba little scientist (2 siswa), Lomba tahfidz (1siswa), Lomba tartil Al Qur’an (1 siswa) Lomba drumband (47 siswa) dan Lomba AKSERA (6 siswa).

Prestasi lain yang membawa nama harum PAUD IT ADAR juga ditorehkan para guru atau pendidiknya, antara lain  Ika Ayu Sinta Ria Raharja, S.Pd sebagai Juara 1 APE , tingkat Kabupaten, yang diselenggarakan PD IGRA Kabupaten Sleman dalam ajang Ajang Prestasi Guru RA Indonesia (ApGuRaIndo).

Guru berprestasi lainnya, Vera Oktafia,S.Pd sebagai Juara Harapan 1 Paduan Suara dalam kompetisi ApGuRaIndo tingkat kabupaten, yang diselenggarakan PD IGRA Kabupaten Sleman. Kemudian, Retno Kurniawati,S.Pd.I sebagai Juara 2, Anugerah Guru dan tenaga Kependidikan Berprestasi, tingkat Kabupaten, yang diselenggarakan Kemenag Kabupaten Sleman dan Faiz Sulthon Aulia, S.Pd sebagai Juara 3 Lomba Silat Dewasa PERSINAS ASAD Kabupaten Sleman.

Safitri Fajarwati, sendiri adalah  Juara 1 pemilihan Kepala Lembaga PAUD Non Formal Berprestasi Tahun 2023, yang diselengarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Sementara itu, Pembina Yayasan Erhaka Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM menuturkan, Akhirussanah merupakan acara puncak, sebagai pertanda selesainya pendidikan.

PAUD yang terdiri jalur non formal diantaranya (KB) dan jalur formal diantaranya (TK) merupakan salah satu subsektor penting dalam kerangka pendidikan di Indonesia.

Prof. Erni menjelaskan, fase anak usia dini merupakan fase penting dalam kehidupan manusia. Seharusnya anak dibekali pengetahuan, keterampilan, karakter, kreativitas, dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Pada fase ini, anak-anak mulai mengenal dan belajar berbagai hal dasar dalam kehidupan, serta karakter anak mulai terbentuk. Oleh karena itu, anak-anak perlu dibimbing, dibina dan diarahkan, agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan ke arah yang baik.

“Dalam hal ini, guru merupakan ujung tombak keberhasilan Pendidikan. Diharapkan para siswa dan para guru terus berkarya yang terbaik dan unggul, sehingga lahir para juara-juara. Kami bersyukur memiliki aset guru-guru hebat dan siswa-siswa hebat,” kata Prof. Erni didampingi Direktur PAUD IT ADAR, Eko Suhendro, M.Pd.

“Tentunya, prestasi yang telah dicapai, tetap dipertahankan, tingkatkan dan terus kita kembangkan. Dengan demikian, akan muncul karya-karya dan prestasi hebat. Sehingga lembaga kita layak menjadi Sekolah Juara” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua Komite KB Abdi Desa, Eko Lestariningsih mengungkapkan orang tua siswa PAUD IT ADAR, memberikan apresiasi yang tinggi dan menyambut gembira digelarnya Akhirussanah atau pelepasan siswa Tahun Ajaran 2022/ 2023.

“Acara yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini berkat kerjasama yang sinergis antara orang tua siswa dan para guru. Ke depan harapan kami bisa terus bekerja sama untuk membuat program-program yang mendukung pembelajaran siswa, menyeleraskan antara harapan orang tua dan sekolah dalam membentuk karakter yang didambakan bersama. Diharapkan dengan bersinerginya komite dengan guru PAUD IT ADAR ke depan akan semakin maju dan berprestasi,” harapnya.

Hal senada diungkapkan Orang tua siswa, Nita Handayani yang menyekolahkan putrinya di PAUD IT ADAR dengan mengambil program Full Day. Menurut Nita selama putrinya bersekolah di PAUD IT ADAR, mengalami perkembangan tidak hanya dari sisi akademiknya saja, tetapi juga dari muatan keagamaan.

“Kami memilih menyekolahkan anak kami di PAUD IT ADAR karena kami tahu kurikulumnya, kualitas sarana dan prasaranya. Terlebih karena kami tahu pendirinya Prof Erni, akademisi UIN yang memang sangat berkompeten dan concern di Pendidikan Anak Usia Dini,” ujarnya.

Salah seorang siswa PAUD IT ADAR, Balqis (7) mengaku senang bersekolah di PAUD IT ADAR.

“Seneng, karena di sini bisa belajar eksperimen. Banyak teman, bunda dan yanda baik dan perhatian,” ucapnya dengan polos.

Acara Akhirussanah dimeriahkan dengan pentas seni yang menampilkan berbagai kebolehan siswa PAUD IT ADAR, dari menari, menyanyi hingga murajaah ayat-ayat Pendek Al-Qur’an. Di akhir acara Para Guru juga tampil bersama dengan menyanyikan lagu gubahan sendiri yang mengandung pesan perpisahan untuk para siswa peserta Akhirussanah. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

63 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com