Edutek  

Inovasi baru Robot Lengan berhasil dikembangkan Mahasiswa Universitas Proklamasi 45

Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) Ricky Sitohang dengan robot lengan yang dikembangkannya. Foto: Ist/Up45
Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) Ricky Sitohang dengan robot lengan yang dikembangkannya. Foto: Ist/Up45

YOGYAKARTA– Inovasi baru Robot Lengan berhasil dikembangkan Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) Ricky Sitohang. Robot dengan menggunakan Sensor Electromyograph (EMG) ini dapat membantu para penyandang tunadaksa melalui sensor electromyograph yang digunakan.

Ricky mengungkapkan robot yang ia kembangkan merupakan hasil dari riset untuk skripsi dengan judul “desain sistem kontrol gerak jari pada lengan robot menggunakan sensor electromyograph (EMG).

“Saya memilih judul ini agar dalam penerapannya bisa membantu orang-orang yang berkebutuhan khusus seperti tunadaksa atau tangan diamputasi dalam kehidupan sehari-hari,” katanya kepada wartawan, Jumat (04/08/2023).

Ricky mengaku selama proses pengerjaan skripsinya,  masih banyak kendala yang dihadapi. Namun demikian ia tak menyerah dan justru lebih giat lagi membaca artikel terkait dan tidak bosan untuk melakukan riset secara terus menerus.

Dalam mengerjakan skripsinya, Ricky mendapat bimbingan 2 dosen penguji, yaitu Muchamad Malik, S. Kom. M.Cs.,M. Eng dan Syaiful Mansyur S. T. M. Sc, dan Enda Apriani S.T., M.Eng yang juga merupakan Kepala Program Studi Teknik Industri.

Dengan karyanya tersebut, mahasiswa yang juga sebagai salah satu I-Buddies KUI UP45 ini dinyatakan berhasil menyelesaikan skripsi pada tanggal 03 Agustus 2023.

“Harapan ke depannya semoga alat ini lebih bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk penyandang disabilitas, serta meningkatkan kualitas mahasiswa teknik industri UP 45 yang maju dan disiplin,” ucapnya.

Ricky yang punya motto hidup “Bersiap dalam kesunyian dan biarkan kesuksesanmu membuat kebisingan” ini bertekad untuk memberikan kontribusi terbaiknya untuk almamater dan masyarakat.

Secara khusus, Ricky menyampaikan terima kasih kepada  I- Buddies KUI UP45 yang selalu mendukung riset yang ia lakukan.

“Sebagai Ketua i buddies KUI UP45 Batch 5, saya sangat mengucapkan terimakasih atas dedikasi teman-teman selama ini dan saya berharap KUI UP45 kedepannya bisa menjadi pionir dan menjadi skala global yang dikenal publik untuk mewujudkan cita-cita dari setiap mahasiswa yang terhubung didalamnya,” ungkapnya.

Pembina I-Buddies KUI UP45, Putri Ana Nurani menuturkan, selain aktif di I-Buddies KUI UP45, Ricky  juga Duta KOPMA UP45. Tak hanya aktif dalam kegiatan intra kampus, Ricky juga aktif mencari pengalaman di luar kampus, meliputi kegiatan magang riset, pertukaran pelajar dan lainnya.

Putri berharap karya Ricky sebagai salah satu I-Buddies KUI UP45 dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat, serta memberikan motivasi bagi seluruh mahasiswa di UP45. Penemuan Ricky juga diharapkan bisa memotivasi bagi mahasiswa UP45 lainnya agar lebih semangat berprestasi dan terus menghasilkan riset penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat.

“UP45 tidak hanya fokus dalam menyediakan kurikulum pendidikan yang memberikan ilmu pengetahuan, namun juga terus berusaha  membekali mahasiswanya dengan ketrampilan hardskill dan softskill yang punya nilai jual di dunia kerja atau di masyarakat,” tutur Putri.(rd2)

Redaktur: Fefin

53 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com