PKK Zaman Now Harus Melek Teknologi

Dra Prima Sari, FLMI, pemerhati masalah sosial, ekonomi, dan kesehatan
Dra Prima Sari, FLMI, pemerhati masalah sosial, ekonomi, dan kesehatan

YOGYAKARTA – Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau yang lebih populer disebut PKK diidentikkan dengan sekumpulan ibu-ibu yang melakukan berbagai kegiatan positif. Di zaman sekarang ini (zaman now) mereka harus melek teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Dra Prima Sari, FLMI, pemerhati masalah sosial, ekonomi, dan kesehatan, di sisi ekonomi keluarga, PKK sebagai gerakan masyarakat dari pusat hingga kelompok dasawisma merupakan potensi yang sangat besar dalam menggerakan ekonomi keluarga yang bertujuan meningkatkan pendapatan. Seiring dengan perkembangan teknologi (digital), pemberdayaan ekonomi keluarga adalah penguatan pemilikan faktor-faktor produksi, penguatan penguasaan distribusi dan pemasaran, penguatan anggota keluarga  untuk mendapatkan pemasukan yang memadai.

Dengan dukungan teknologi digital untuk  memperoleh informasi, pengetahuan dan keterampilan, yang harus dilakukan secara multi aspek, baik dari aspek anggota keluarga itu sendiri, maupun aspek kebijakannya.

“Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka Sistem Informasi Manajemen (SIM) data PKK dipastikan akan semakin akurat dan up to date (terbarukan). Selain itu, dengan memanfaatkan TIK, maka sumber daya manusia akan meningkat sesuai tuntutan dan tantangan zaman di era globalisasi,” kata Prima Sari, Jumat, 9 Februari 2024.

Menurut Prima Sari sudah sangat urgen  penyelenggaraan workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi seluruh pengurus dan anggota PKK.  Ini juga merupakan tindak lanjut dalam proses digitalisasi PKK untuk menunjang Sistem Informasi Manajemen PKK itu sendiri sehingga mudah diakses oleh siapapun. 

Dengan itu akurasi data dapat tercapai dengan baik dan berjalan dengan baik, mulai tingkat provinsi, kabupaten kota, bahkan hingga tingkat kecamatan hingga Dasa Wisma. Hal ini dilakukan untuk menjawab tuntutan zaman yang selalu meminta adanya program kerja secara terencana dan berkelanjutan mulai bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya.

“Oleh karena itu, tidak ada kata terlambat untuk mau belajar. Karena era atau zaman telah masuk digital dan teknologi informasi. Banyak anak bangsa sudah pandai dalam memanfaatkan teknologi, namun di lain sisi lain para orang tua masih gaptek (gagap teknologi). Inilah yang menjadi alasan, bahwa belajar untuk bisa terus dilakukan oleh para orang tua”, kata Prima Sari.

Di berbagai bidang, internet telah menjadi sarana yang efisien dalam menambah wawasan dan memperluas pengetahuan. Karena dunia internet terus berkembang, maka harus bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat positif dalam berinovasi dan membuka peluang bisnis.

“Dengan teknologi digital dalam PKK, pembinaan dan pendidikan keterampilan, penerapan home industry seperti membuat makanan, bordir, aksesoris manik manik, sulaman, atau kerajinan tangan lainnya akan lebih gampang diakses melalui gadget. Dengan adanya internet, kita tinggal mencantumkan gambar barang, harga, dan alamatnya yang jelas, kita tampilkan di internet, maka lakulah dagangan kita. Ini berarti kita bisa memanfaatkan internet untuk berbisnis membantu keluarga dengan tanpa harus keluar rumah,” ujar Prima Sari.

Memasuki era digital ini, informasi nyaris tak terbatas, persaingan semakin ketat, karena yang dihadapi tidak lagi lokal tapi global. Oleh karena itu, akuntabilitas, efisiensi, efektifitas, dan transparansi menjadi tuntutan yang harus dilakukan.

“Dalam pelaksanaan TIK ini, saya yakin pemerintah siap memberikan fasilitas dalam bentuk pelayanan atas permintaan masyarakat yang membutuhkan pembelajaran di bidang TIK.Ini adalah kegiatan yang positif dalam rangka meningkatkan SDM kita untuk tidak gaptek. Karena itu, sinergi ini sangat baik sekaligus penyegaran bagi kita semua para bapak dan ibu yang memiliki anak anak didik di rumah. Kita tidak boleh ketinggalan dengan anak-anak kita,” pungkas Prima Sari.

 

Redaktur : MS Rifat

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com