Relawan Braffo Rilis Survei Pilkada Kota Yogyakarta: Paslon AFNAN FOKKI Menang Sekali Putaran dengan 55 Persen Suara!

Hasil Survei Relawan Braffo. Sumber: IG @Braffo2024.
Hasil Survei Relawan Braffo. Sumber: IG @Braffo2024.

YOGYAKARTA–  Sejumlah nama pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta untuk Pilkada 2024 sudah mencuat ke publik, bahkan ada  yang sudah merilis survei internal, diantaranya survei Braffo atau Barisan Relawan Muhammad Afnan Hadikusumo dan Antonius Fokki Ardiyanto ( AFNAN FOKKI ).

Hasil survei yang dipublikasikan melalui postingan di akun sosial media (Sosmed) IG @braffo2024 pada Selasa, 21 Mei 2024 tersebut sudah mendapatkan respons ribuan viewers dan mulai viral di berbagai ptalform Sosmed lainnya.

Dalam survei ditunjukkan jika pada Pilkada Kota Yogyakarta 2024 Muhammad Afnan Hadikusumo dan Fookki Ardiyanto (AFNAN FOKKI) maka akan menang sekali putaran dengan hasil perolehan suara 55%.

Ada Tiga Paslon yang disimulasikan menjadi kontestan Pilkada Kota Yogyakarta 2024, yaitu Paslon Heroe Purwadi (Mantan Wakil Wali Kota Yogyakarta) dan R.M. Sinarbiyat Nujanat (Ketua DPC Gerindra Kota Yogyakarta).

Selanjutnya Paslon Singgih Raharjo (Pj. Wali Kota Yogyakarta) dan Wawan Hermawan (Wakil Ketua Kadin DIY).

Kemudian, Muhammad Afnan Hadikusumo (Tokoh Muhammadiyah, Mantan anggota DPD RI 2 periode) dan Antonius Fokki Ardiyanto (Anggota DPRD Kota Yogyakarta Fraksi PDI Perjuangan 3 Periode).

Koordinator Tim Survei Braffo, Aditya Farrel mengatakan survei dilakukan timnya yang terdiri dari pengggiat penelitian di sejumlah Perguruan tinggi di Kota Yogyakarta.

Pelaksanaan survei selama 5 hari, dari tanggal 5 sampai 10 Mei 2024 oleh 10 polster relawan.

“Survei melibatkan 1000 responden yang tersebar di 14 Kemantren (Kecamatan) di Kota Yogyakarta dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh pewawancara yang telah Terlatih,” kata Farrel dalam keterangan Pers, Sabtu (25/04/2024).

Responden diberi pertanyaan:

Jika pemilihan walikota (Pilwakot) Jogja diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak/ Saudara/i pilih sebagai Pasangan Wali kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta di antara pasangan nama berikut ini?:

1. Heroe Poerwadi – R.M. Sinarbiyat Nujanat

2. Singgih Raharjo – Wawan Hermawan

3. Afnan Hadikusumo – Fokki Ardiyanto

4. Belum menentukan pilihan (Tidak Tahu)

Hasilnya sebagai berikut:

  • Responden yang memilih Pasangan Heroe Poerwadi – R.M. Sinarbiyat Nujanat sebesar 25,1 %.
  • Responden yang memilih pasangan Singgih Raharjo – Wawan Hermawan sebesar 17,5 %.
  • Responden yang memilih pasangan Afnan Hadikusumo – Fokki Ardiyanto sebesar 51,4%.
  • yang belum menentukan pilihan (Tidak Tahu) hanya sebesar 6,2%

“Pemilihan sampel dilakukan dengan multistage
random sampling dengan margin of error 1,1% dan dengan tingkat kepercayaan 95%. Dengan asumsi jika bisa meraih suara dari undecided voters (belum menentukan pilihan) dan swing voters (yang bisa berubah suaranya) 4 % saja, maka pasangan AFNAN-FOKKI bisa menang di atas 55% (suara) ” tandasnya.

Farrel menjelaskan, timnya saat ini juga tengah melakukan survei khusus Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta, dimana untuk sementara hasilnya tercatata Calon Wakil Wali Kota yang paling populer dan mendapatkan suara tertinggi dari responden adalah Fokki Ardiyanto.

“Pekan depan hasilnya akan kami rilis, namun sementara bocorannya Mas Fokki dipasangkan dengan Calon Wali Kota Yogyakarta siapapun akan memenangkan Pilkada Kota Yogyakarta 2024” tutupnya.

Untuk diketahui, higga saat ini belum ada Partai politik yang resmi mengusung pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta.

Baru PAN yang sudah resmi mengusung Heroe Purwadi sebagai Calon Wali Kota, namun belum ditentukan pasangannya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

54 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com