Persiapkan Kemandirian Ekonomi Sebelum Bebas, Klien Bapas Jogja Ikuti Pelatihan Pembuatan Cincin Tembaga Dipandu Komunitas Kertas

Para Klien Bapas Jogja mengikuti bimbingan kemandirian pelatihan pembuatan cincicn kawat tembaga dipandu komunitas kertas. Foto: Ist
Para Klien Bapas Jogja mengikuti bimbingan kemandirian pelatihan pembuatan cincicn kawat tembaga dipandu komunitas kertas. Foto: Ist

Ajarkan kemandirian ekonomi sebelum kembali ke masyarakat, Bapas Kelas I Yogyakarta (Bapas Jogja)  kembali menyelenggarakan program bimbingan kemandirian untuk Klien.

YOGYAKARTA – Klien Pemasyarakatan Bapas Jogja kembali mengikuti kegiatan Bimbingan Kemandirian di Griya Abhipraya Purbonegoro, Pada Sabtu (28/09/2024) yang lalu.

Kali ini, para klien diberi Pelatihan Pembuatan Cincin dari Kawat Tembaga Bersama Komunitas Kertas.

Kegiatan pelatihan tersebut dipandu oleh Ratna dari Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) Komunitas Kertas.

Kegiatan diikuti sebanyak 14  klien Bapas Jogja, baik bagi yang menjalani program integrasi PB, CB maupun PiB.

Selain itu, kegiatan pelatihan juga dihadiri oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan petugas piket yang mendampingi klien.

Pada pelatihan tersebut Ratna yang merupakan pengajar dari Komunitas Kertas mengajarkan cara mengubah kawat tembaga menjadi cincin atau perhiasan yang biasa dijual untuk mendapatkan penghasilan.

“Harapannya nantinya klien Bapas Jogja bisa membuat kerajinan tembaga yang bahannya dapat dibeli dengan harga cukup murah, menjadi kerajinan cincin tembaga yang bervariasi dan dapat dijual dengan nilai yang lebih tinggi,” ujarnya.

Pelatihan tersebut diikuti oleh para klien dengan sangat antusias mengingat hal tersebut menjadi pengalaman baru bagi mereka untuk bisa menumbuhkembangkan keterampilan.

“Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena bisa mendapatkan keterampilan baru dan bisa dikembangkan untuk usaha nanti,” ujar salah satu klien Bapas Jogja.(pr/kt1)

Redaktur: Faisal

62 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com