Sabtu, 09/11/2013 21:36 WIB | Dibaca: 1777 kali

Lelang Benda Filateli Batavia Auction, Dibuka


Budayawan Fadli Zon

JAKARTA - Lelang perdana benda filateli Batavia Auction dibuka Hari ini, (9/11/2013) di Hotel Redtop, Jakarta. Acara dibuka Pembina Persatuan Filateli Indonesia (PFI), Fadli Zon.

Menurut Fadli Zon, Batavia Auction adalah lembaga lelang untuk benda-benda filateli di antaranya prangko, amplop, kartu pos, sampul Hari Pertama, buku, kartu pos gambar, dan lain-lain. Batavia Auction didirikan sejumlah kolektor senior seperti Said Basylemeh, Suwito dan Tono.

"Kehadiran Batavia Auction akan meningkatkan apresiasi terhadap pengoleksian filateli. Semakin banyak wadah untuk belajar benda-benda filateli dan memudahkan para kolektor untuk melengkapi koleksinya," ungkap Fadli Zon yang juga dikenal sebagai budayawan Indonesia.

Hobi koleksi prangko, kata Fadlizon, adalah hobi yang sudah tua. Banyak politisi, intelektual, dan pengusaha mempunyai hobi yang kini makin langka.

"Ada pepatah hobi filateli adalah, ‘king of hobby and hobby of the king,' rajanya hobi dan hobinya para raja," ungkapnya.

Peserta lelang datang dari dalam negeri dan luar negeri seperti Belanda dan Singapura. Lelang berlangsung satu hari hingga sore dengan item penjualan hampir 1000 lot.

Fadli Zon sendiri adalah kolektor filateli khususnya Netherland Indies postal history (sejarah pos Hindia Belanda) dan postal stationary Hindia Belanda. Ia mengikuti pertandingan di beberapa negara antara lain RRC dan Australia dengan medali terakhir Vermail. Kini ia sedang menyusun tema koleksi Perang Mempertahankan Kemerdekaan (PMK) 1945-1949. (lia)

Redaktur: Aristianto Zamzami


 





Baca Juga