Rabu, 05/02/2014 14:12 WIB | Dibaca: 1677 kali

UPT Malioboro Bentuk Satgas Kebersihan Kawasan Titik Nol


Kawasan Titik Nol, bersih dari sampah. Foto/azwar

YOGYAKARTA - Kawasan Titik Nol Km yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan nampaknya menjadi pusat perhatian Pemkot Yogyakarta untuk menjadikan kawasan tersebut tetap bersih dari kotoran sampah.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti secara langsung menunjuk (Unit Pelayanan Teknis) UPT Malioboro untuk segera membentuk Satuan Petugas (satgas) Kebersihan khusus kawasan titik nol kilometer untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di kawasan tersebut. Diketahui sebelumnya walikota Yogyakarta saat melintasi kawasan tersebut melihat banyak sampah yang didiamkan oleh petugas kebersihan.

menanggapi hal itu, Kepala UPT Malioboro, Syarif Teguh mengatakan, Satgas Kebersihan Kawasan titik nol sudah dibentuk dengan melibatkan sembilan personil petugas kebersihan.

"Alhamdulillah Satgas kawasan titik nol sudah kami bentuk setelah pak Walikota meminta dibentuknya Satgas Kebersihan"ujarnya Rabu (05/2).

Lebih lanjut Syarif menambahkan, sembilan personil Satgas kebersihan yang sudah ditetapkan ternyata dengan melibatkan lima personil untuk membersihkan kawasan tersebut sudah efektif.

"Lima personil sudah cukup efektif dan empat personil lainnya nanti akan difungsikan untuk menangani yang lain karena konteks kebersihan disini bicara secara luas tidak hanya sampah namun juga masalah PKL dan pengamen," jelasnya.
Kawasan titik nol yang menjadi pusat berkumpulnya wisatawan yang berkunjung ke Yogya memang perlu penanganan khusus, tidak hanya kebersihan namun juga para pedagang maupun pengamen harus dilakukan penanganan secara intensif agar para wisatawan dapat lebih nyaman saat berada di kawasan tersebut.
"Diharapkan ke depan tidak hanya kawasan titik nol kilometer saja yang menjadi pusat perhatian pemerintah namun juga kawasan lainnya perlu di lakukan hal serupa," pungkasnya. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga