Kamis, 29/05/2014 21:07 WIB | Dibaca: 1854 kali

Pemilik Manchester United, Malcolm Glazer Meninggal Dunia


doc.istimewa

AMERIKA - Pemilik klub Liga Primer Inggris Manchester United dan klub Tampa Bay Buccaneers di Amerika Serikat, Malcolm Glazer meninggal dunia. Malcolm meninggal pada Rabu pagi waktu setempat (28/5/2014).

Malcolm dikenal sebagai pengusaha sekaligus miliarder yang berhasil membawa kesuksesan untuk Bucaneers dengan mengantarkan klub ini menjuarai Superbowl pada 2003.

Di Manchester, dengan disertai kontrovesial pada saat membeli Manchester United sepuluh tahun lalu, Setan Merah (julukan Manchester United) di bawah kepemilikannya berhasil menjuarai Liga Primer lima kali dan menjuarai Liga Champions pada 2008.

Seperti dilansir BBC, Glazer dan keluarganya menguasai 90% saham United. Sementara, sisanya milik publik melalui penjualan saham di bursa efek New York. Karier bisnis Glazer berawal diusia belia, 15 tahun ketika mengambil alih usaha keluarga di bidang suku cadang jam tangan.

"Sejak itu usahanya berkembang dan membeli berbagai perusahaan seperti First Allied, Zapata Corporation, jaringan restoran Houlihan's, Harley Davidson, Formica, Tonka, Specialty Equipment, dan Omega Protein," tulis BBC. Glazer meninggal diusia 85 tahun dengan meninggalkan seorang istri, enam anak, dan 14 cucu. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga