Rabu, 09/07/2014 19:03 WIB | Dibaca: 3708 kali

Gubernur AAL Beri Pembekalan Catar 2014


Gubernur AAL, Laksda TNI A. Taufiqoerrochman, S.E. memberi pembekalan Catar. Foto:doc/pen-AAL

SURABAYA - Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI A. Taufiqoerrochman, S.E. memberi pembekalan kepada Calon Taruna Taruni (Catar) AAL Angkatan ke-63 di Gedung Gelombang Samudera, Lapetal, Malang, Rabu (09/07/2014).

Pembekalan yang diberikan meliputi materi tentang tugas pokok TNI yaitu menegakan kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa dari ancaman maupun gangguan dari dalam dan luar seperti misalnya masalah terorisme.

Kemudian para catar juga diperkenalkan tentang operasi militer perang dan selain perang.

Dalam kesempatan tersebut. Gubernur AAL menegaskan bahwa seorang taruna atau seorang militer selain memiliki fisik yang kuat, juga harus dengan intelektual yang tinggi serta mental yang kuat.

"Oleh karena itu seorang taruna harus terampil, tanggap, tanggon, dan trengginas," tutur gubernur AAL.

Sementara untuk menghadapi tantangan kepemimpinan kedepan abad ke 21. Kata Gubernur AAL, harus bisa menguasai lingkungan informasi, lingkungan organisasi serta lingkungan peperangan.

"Jadi taruna kedepan harus mempunyai model leadership untuk dapat mengembangkan arsitektur sosial yg mampu membangun peran aktif para bawahan seperti kompetensi, berkarakter adaptif, visioner, inovatif, interkonektifitas, profesional, berani, disiplin dan etos kerja yg tinggi," terang Gubernur AAL.

Disamping masalah umum menyangkut pengenalan tugas-tugas TNI dan ketarunaan, para calon taruna taruni diperkenalkan sistem metode pendidikan AAL yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan.

"Dalam pendidikan di AAL nantinya akan antara taruna dan taruni tidak ada perbedaan dan diberlakukan sama dengan taruna laki-laki, yang membedakan hanya masalah gender saja. maka dari itu harus disiapkan mental yang kuat", jelas pria yang hobi jogging ini.

Sebelum mengakhiri pembekalan, Gubernur AAL menyampaikan kiat-kiat menjadi pemimpin yaitu tempa dan bekali diri dengan belajar serta berlatih, responsif dan peka terhadap ilmu pengetahuan teknologi, dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Dirdik AAL Kolonel Laut (P) Syamsurizal, Dirrenbang Kolonel Laut (P) Eko Murwanto, Danmen AAL Kolonel Mar Bambang Sutrisno, serta Kalapetal Kolonel Laut (S) Rubiyanto dan Kasiops Lapetal Mayor Laut (T) Aries.

Usai memberi pembekalan, Gubernur AAL memberikan bingkisan berupa kaos olah raga kepada perwakilan calon taruna dan taruni untuk calon taruna diwakili Gerald dari panda Jakarta dan calon taruni diwakili Catur Arum dari panda Surabaya. (war)

Redaktur: Aristianto Zamzami

 


 





Baca Juga