Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon Tingkatkan Kualitas Pengamanan


Apel siaga pengamanan pelabuhan Cirebon. Foto: doc/kbn

CIREBON - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon menggelar apel siga guna meningkatkan pengamanan di kawasan pelabuhan, belum lama ini.

Dalam keterangan pers yang diterima jogjakartanews.com, Kamis (04/12/2014) diinformasikan, Apel siaga yang diikuti seluruh personel keamanan yang terdiri dari unsur TNI AL, TNI AD, Polisi Airud anggota KPLP Cirebon dan Security PT. Pelindo II Cabang Cirebon tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon H.Marwansyah.SH.,MM.,MH,  Selasa (02/12/2014).

Menurut H. Marwansyah, apel siaga tersebut  digelar dalam rangka operasi penertibandan pengamanan pelabuhan Cirebon untuk kelancaran arus barang  dan keluar masuk pelabuhan.

“Sehingga orang-orang  yang tidak berkepentingan di pelabuhan tidak dibenarkan memasuki kawasan pelabuhan yang telah complay International Ship and Port Facility Security Code (ISPS code) khususnya daerah restricted area,” tuturnya dalam amanat yang disampaikan dalam apel siaga.

Apel siaga juga untuk memelihara tingkat keamanan yang dimiliki pelabuhan dengan mengacu pada ketentuanISPS Code yaitu suatu koda internasional yang mengatur tentang keamanan di kapal dan fasilitas pelabuhan (Amandemen SOLAS Chapter XI-2).

Menurutnya, setiap pelabuhan memiliki Port Facility Security Officer (PFSO) yaitu petugas yang bertanggung jawab dalam pengembangan implementasi, revisi dan pemeliharaan rancangan keamanan fasilitas Pelabuhan dan mampu berkoordinasi serta berkomunikasi dengan para petugas keamanan kapal (SSO / Ship Security Officer) dan petugas keamanan perusahaan pelayaran (CSO/Company Security Officer).

“Pengamanan di Pelabuhan Cirebon selama ini sudah baik, dan kami akan terus meningkatkan kualitas keamanan ini,” pungkasnya. (pr/ded)

Redaktur: Aristianto Zamzami


 





Baca Juga