Meski Soal UN Tak Bocor, UGM Tetap Tak Menjadikan Hasil UN Sebagai Parameter SNMPTN


ilustrasi: Para siswa tengah mengikuti Ujian Nasional. Foto: doc/forpi

YOGYAKARTA - Menanggapi kiriman surat elektronik (e-mail) salah seorang siswa di Yogyakarta yang meminta agar UGM mengabaikan hasil UN sebab terjadi kebocoran soal, Rektor UGM Dwikora Karnawati mengatakan bahwa UGM tidak pernah menjadikan hasil UN sebagai parameter penting dalam SNMPTN.

Menurutnya, setiap kampus memiliki peraturan tersendiri terkait siapa yang pantas diterima dan siapa yang tidak. "Bocor atau tidak kami punya pertimbangan lain, penyebabnya bukan karena kebocoran, dan kebetulan UN itu khusus untuk SNMPTN tidak sebagai paramater yang penting," kata Rektor ditemui di Kampus UGM Yogyakarta, Kamis (16/04/2015).

Lebih lanjut ia mengatakan meski tidak ada email dari siswa, pihak UGM tetap menjalankan kebijakan seleksi sebagaimana prosedur yang ada di UGM. Dengan kata lain UGM tidak mempertimbangan hasil UN sebagai parameter bukan karena adanya email, melainkan karena prosedur di UGM itu sendiri. Bahwa ada siswa yang meminta itu hanyalah kejadian spontan dan kebetulan belaka. (Baca juga: Soal-soal Bocor, Siswa Ini Minta UGM Abaikan Hasil UN)

Namun begitu, Dwikora menyayangkan kebocoran soal yang terjadi pada pelaksanaan UN tahun ini. Ia berpendapat seharusnya kebocoran itu tidak terjadi dan bisa dihindari. (Ning)

Redaktur: Rudi F.

 


 





Baca Juga