Fadli Zon Bantah Buruknya Perekonomian Nasional Terkait Dukungan Politik di DPR


Fadli Zon. Foto: Doc.jogjakartanews.com

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyatakan bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pendukung Pemerintahan Jokowi-JK. Hal itu sebagaimana dikemukaan Ketua Umum(Ketum) PAN Zulkifli Hasan, belum lama ini kepada wartawan dari berbagai media massa. Zulkifli menegaskan, partainya akan membantu menguatkan dukungan politik terhadap Pemerintahan Jokowi-JK untuk menyejahterakan rakyat, termasuk menghadapi situasi ekonomi nasional.

Terkait alasan Keluarnya PAN dari Koalisi Merah Putih (KMP) yang seolah mengaitkan persoalan ekonomi dengan lemahnya dukungan politik parlemen kepada pemerintah, membuat Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Angkat Bicara. Menurut politisi Partai Gerindra ini, akar masalah dari situasi ekonomi yang memburuk saat ini bukanlah pada persoalan dukungan politik. Buruknya situasi ekonomi nasional, kata dia, tak ada hubungannya dengan KMP - KIH.

“KMP sejauh ini obyektif dan tak pernah menjegal pemerintah. Karena KMP ingin mengedepankan kepentingan rakyat dan memberi ruang bagi pemerintahan baru untuk konsolidasi. Keadaan sekarang ini bukan soal koalisi partai pendukung di DPR. Tapi karena pemerintah yang gagal dalam memerintah dan salah dalam menilai keadaan. Pemerintah tak mampu mengkonsolidasikan timnya, tak mampu mendiagnosa, dan bahkan tidak tahu mana yang jadi prioritas,” kata Fadli Zon dalam keterangan pers yang diterima jogjakartanews.com, Kamis (03/09/2015) siang.

“Bahkan Presiden sendiri tidak bisa membedakan mana tugas presiden, mana tugas ketua RT. Misalnya dalam soal distribusi kartu ke masyarakat, itu ruang lingkup tugas ketua RT, bukan Presiden,” sambung Wakil Ketua DPR RI ini.

Fadli Zon menilai pemerintah saat ini sudah mulai kehilangan momentum khususnya di bidang ekonomi. Dinamika global, kata dia, memang memiliki pengaruh terhadap kondisi ekonomi nasional, tapi situasi tidak akan bertambah buruk jika pemerintah mengerti bagaimana cara menghadapinya.

“Jadi ini terkait leadership dalam pemerintahan. Sehingga, jangan pernah berpikir dengan menambah dukungan partai ke koalisi pemerintah akan menyelesaikan situasi ekonomi yang buruk ini. DPR saat ini terus memberikan dukungan kepada pemerintah selama program pemerintah baik untuk rakyat. Makin buruknya situasi ekonomi nasional saat ini, lebih karena kegagalan pemerintah sendiri untuk menyikapinya,” tutup Fadli Zon. (ded)

Redaktur: Rizal


 





Baca Juga