Edutek  

Laskar PLN Terpanggil Terangi Jembatan Edukasi Siluk

BANTUL – Jembatan Edukasi Siluk di Imogiri, Bantul kini semakin jauh dari kata kumuh. Kolong jembatan yang dahulunya penuh sampah kini disulap menjadi perpustakaan oleh para pemuda setempat. Dengan dana swadaya, mereka memulai gerakan membaca dan meningkatkan taraf pendidikan kepada anak-anak dan warga setempat dari jembatan tersebut.

Meskipun letaknya di bawah kolong jembatan, namun di tempat tersebut mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua bisa membaca beraneka macam buku bacaan. Tak sekadar taman bacaaan, Jembatan Edukasi Siluk juga memberlakukan  jadwal rutin untuk belajar bersama. Pada minggu pertama untuk kegiatan siswa SMP atau remaja belajar bahasa Inggris, diminggu kedua untuk anak-anak belajar menggambar, diminggu ketiga pengumpulan sampah untuk tetap bisa menghidupi ruang belajar itu dan di minggu ke empat untuk komunitas-komunitas umum.

Keinginan pengelola Jembatan Edukasi Siluk tersebut tersenyata diapresiasi Lembaga Aspirasi Karyawan (Laskar) Perusahaan Listrik Negara.

Minggu (21/01/ 2018) yang lalu LASKAR PLN ‘Peduli Minat Baca’ mengunjungi Jembatan Edukasi Siluk dengan memberikan bantuan Buku sebagai koleksi bahan bacaan. Acara tersebut merupakan rangkaian HUT ke-2 LASKAR PLN. Selain itu, LASKAR PLN juga turut membantu pemasangan listrik di Jembatan Edukasi Siluk. Hal ini tentu sangat berarti bagi Jembatan Edukasi Siluk untuk mewujudkan keinginan mereka membuat bioskop edukasi.

Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto mengungkapkan, semangat besar pengelola untuk memajukan Jembatan Edukasi Siluk ini, membuat banyak pihak tergerak untuk ikut membantu. LASKAR PLN pun tergerak untuk turut memberikan bantuan kepada Jembatan Edukasi Siluk agar dapat meningkatkan pendidikan warga sekitar,

“Semoga apa yang sudah LASKAR PLN lakukan ini dapat bermanfaat dan dapat mendorong pihak-pihak lain terutama pihak pemerintah untuk dapat memperhatikan dan turut memberikan bantuan bagi niat mulia rekan-rekan pengelola Jembatan Edukasi Siluk,”  kata Tony, belum lama ini.

Usai kunjungan ke Jembatan Edukasi Siluk, rangkaian HUT ke-2 Laskar PLN dilanjutkan acara Rakernas Laskar PLN di Aula Kantor PLN Area Yogyakarta, Gedong Kuning, Banguntapan. Rakernas dihadiri 130 peserta dari perwakilan dewan pimpinan cabang dan daerah.  (kt1)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com