Asabri Sosialisasikan Program Kesejahteraan Prajurit, PNS dan Pensiunan di Lanal Yogyakarta


Jajaran Lanal Yogyakarta bersama tim sosialisasi program Asabri di aula Mako Lanal Yogyakarta. Foto: ist/pen

YOGYAKARTA - Seluruh anggota militer dan pegawai negeri sipil (PNS) Lanal Yogyakarta serta para pensiunan yang tergabung dalam Paguyuban Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Yogyakarta, mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Asabri di Aula Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Yogyakarta, Senin (12/02/2018).

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano,  S.E., M.Pd., menuturkan kedatangan Kepala Cabang beserta Tim Sosialisasi dari PT. Asabri Persero Yogyakarta di Mako Lanal Yogyakarta, merupakan penghargaan dan kehormatan bagi Lanal Yogyakarta. Menurutnya, sosialisasi tentang berbagai hal dari Asabri sangat bermanfaat karena menyangkut kesejahteraan prajurit dan PNS serta pensiunan PPAL yang berkaitan dengan hak dan kewajiban selaku peserta Asabri.

“Dengan adanya sosialisasi dari Asabri ini, kita juga mendapat pencerahan tentang PP nomor 102 tahun 2015 tentang asuransi sosial prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” kata Danlanal Yogyakarta dalam keterangan resmi Penerangan Lanal yang diterima redaksi, Selasa (13/02/2018).

Danlanal Yogyakarta juga menekankan kepada anggota Lanal dan PPAL Yogyakarta untuk benar benar mengikuti dan memahami materi yang disampaikan dari Tim Sosialisasi PT. Asabri, karena pengetahuan tersebut sangat penting bagi seluruh prajurit dan PNS yang akan dan sudah pensiun. Sebab, kata Danlanal, hal itu berkaitan dengan ketentuan dan mekanisme prosedur pengurusan hak prajurit dan ahli waris,

“Jika masih ada keraguan saya menghimbau kepada seluruh peserta untuk bertanya terkait segala sesuatunya tentang Asabri,” imbuh Danlanal.

Kantor Cabang PT. Asabri Persero Yogyakarta, drg. SV. Theresina Lestari, MN., mengatakan Asabri hadir untuk mensosialisasikan program sesuai PP 102/2015 yang menggantikan PP sebelumnya yaitu PP no.  67 tahun 1991. Ia menjelaskan, dalam PP lama hanya ada 9 program atau manfaat dan 2 manfaat yang merupakan tugas tambahan. Dalam PP yang baru, kata dia, bertambah menjadi 18 program atau manfaat.

Dijelaskan Theresina, saat ini total pemotongan gaji oleh PT. Asabri adalah 8% dari gaji anggota, yang diperuntukkan untuk penyelenggaraan program jaminan sosial bagi kesejahteraan Prajurit TNI, anggota Polri dan ASN di lingkungan Kemhan dan Polri.

“PT. Asabri selalu berusaha meningkatkan pelayanan terhadap peserta Asabri melalui pengembangan sistem pelayanan dan nilai manfaat asuransi sosial secara berkelanjutan, untuk meningkatkan kesejahteraan Prajurit TNI, anggota Polri dan ASN di lingkungan Kemhan dan Polri,” ucapnya.

Menurutnya antusiasme peserta sangat tinggi untuk mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab untuk mengetahui lebih jauh hak dan manfaat dari Program Kesejahteraan Prajurit dan Pensiunan yang dikelola PT. Asabri,

“Hal ini karena baru pertama kali Lanal Yogyakarta mendapat kesempatan menerima Sosialisasi dari PT. Asabri. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan antusiasme seluruh anggota militer, PNS Lanal Yogyakarta dan PPAL Yogyakarta dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Sekadar informasi, dalam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan sosialisasi produk pendanaan kesejahteraan prajurit, PNS dan pensiunan dari Bank Woori Saudara Cabang Yogyakarta oleh  Kepala bagian Kredit, Bapak Trianta Aribawa.

Usai acara, antara Kepala Kantor Cabang PT. Asabri Persero Yogyakarta dan Danlanal Yogyakarta saling bertukar cindera mata. (kt 4)

Redaktur: Rudi F

Berita Terkait

 





Baca Juga