Kamis, 27/09/2018 23:09 WIB | Dibaca: 576 kali

Kegaduhan Politik Bisa Diatasi Jika Pancasila Selalu Jadi Pegangan


Mayor Inf Heru Tamtomo Wibowo saat memberikan materi dalam acara Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Foto:Wah

YOGYAKARTA – Bangsa Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada hiruk pikuk dan kegaduhan politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Oleh karena itu, rakyat Indonesia perlu terus berpegangan pada ideologi bangsa, yaitu Pancasila agar tidak terpecah belah.

Hal tersebut dikemukakan Danramil 05/Pakualaman, Mayor Inf Heru Tamtomo Wibowo saat memberikan materi dalam acara Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang diadakan oleh Kesbangpol, DIY, di Kecamatan Pakualaman, Rabu (26/09/2019),

“Pancasila harus terus menjadi bintang penuntun yang memberikan pedoman bagi bangsa Indonesia bergerak ke depan untuk mewujudkan kesejahteraan.Pancasila harus menjadi panduan kita semua dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Mayor Heru  menjelaskan, Indonesia sebagai entitas dari berbagai suku bangsa, memiliki beragam perbedaan baik dalam bahasa, kebudayaan dan sikap hidup. Menurutnya pendidikan Pancasila dan penguatan Bhinneka Tunggal Ika mutlak diperlukan bagi masyarakat, pelajar dan pemuda.

“Ke depan, Indonesia butuh banyak keterlibatan dan peran serta masyarakat untuk membangun sikap saling menghargai. Perbedaan dalam negara kesatuan di nusantara ini seharusnya bisa membawa sikap kebangsaan dan saling menghormati antar budaya,” ujarnya.

Heru berharap, pemahaman terhadap Pancasila tersebut sebagai upaya untuk mengingatkan kembali pentingnya Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa serta pegangan hidup dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,

“Acara ini diharapkan semakin memantapkan adanya Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah final dan tidak bisa digantikan,” tegas Mayor Heru.

Dalam sinau Pancasila yang diikuti perwakilan Pelajar, Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Masyarakat tersebut selain Heru, hadir sebagai pembicara Ketua Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara (PSPBN) UIN Sunan Kalijaga, Dr. Badrun Alaena, M.Si. (kt1)

Redaktur: Faisal


 



Terpopuler


Baca Juga