Rabu, 14/11/2018 22:36 WIB | Dibaca: 173 kali

Siap Kembali ke Masyarakat, Klien Bapas Mahir Produksi Telor Asin


Klien Bapas mengikuti pelatihan pembuatan telor asin dengan bimbingan PK Bapas Yogyakarta.Foto:Henny

YOGYAKARTA – Klien Balai Pemasyarakatan Yogyakarta mendapat bimbingan intensif dari para Pembimbing Kemasyarakatan (PK). Sebelum benar-benar bebas murni, para klien dibekali dengan berbagai kemampuan positif, salah satunya berwirausaha.

Beberapa klien Bapas Yogyakarta saat ini telah memiliki banyak keterampilan wirausaha, salah satunya produksi telor asin berkualitas.  

PK Bapas Yogyakarta, Sri Akhadiyanti, S.Pd menuturkan, klien Bapas memiliki potensi untuk menjadi wirausahawan-wirausahawan sukses dimasa mendatang. Hal itu, kata dia, dapat dilihat dari kemampuan kelompok klien yang berhasil memproduksi telor asin yang layak untuk dijual ke konsumen di pasar,

“Membuat telor asin kelihatannya mudah, padahal tidak juga. Jika tidak tahu ilmunya dan mempraktikkan secara serius,maka telor asin yang dihasilkan kurang berkualitas, bahkan bisa jadi gagal panen,” tuturnya saat mengisi materi pembuatan telor asin dalam bimbingan kelompok klien pemasyarakatan, Selasa (13/11/2018) siang di Kompleks Bapas Yogyakarta.

Sri mendampingi kelompok klien dengan telaten dari pukul 16.00 WIB hingga selesai. Selama pendampingan, Sri melihat kelompok klien Bapas Yogyakarta bersungguh-sungguh mengikuti arahan dan petunjuk yang dia sampaikan,

“Antusisme mengikuti bimbingan menjadi salah satu indikasi para klien benar-benar bersemangat dan mau berusaha keras menimba ilmu untuk bekal nanti ketika sudah kembali ke masyarakat. Mudah-mudahan dengan keterampilan yang dimiliki, mereka akan sukses, ke depannya,” harap sri.

Kelompok klien yang mengikuti bimbingan pembuatan telor asin adalah Paryanto, Zana Roli Afgan, Iwan Setiawan, Lincha Andrivitto Pardede.

Mereka mengaku senang dengan bimbingan yang diberikan PK Bapas Yogyakarta,

“Ini sangat bermanfaat untuk kami. Dari yang tadinya tak punya ilmu membuat telor asin, kini kami sudah menguasai bagaimana membuat telor asin yang baik dan berkualitas, sekaligus bagaimana memasarkannya,” kata Paryanto. (hen)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 


 





Baca Juga