Jumat, 12/04/2019 20:18 WIB | Dibaca: 156 kali

Terima Formulir C6, Sri Sultan Imbau Warga Jangan Golput


Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi GKR Hemas saat menerima formulir C6 dari KPU Kota Yogyakarta. Foto: Sal

YOGYAKARTA – Keluarga Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima formulir C6 , Jumat (11/4) di Kraton Kilen.

Formulir untuk mencoblos dalam Pemilu 17 April mendatang tersebut diserahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarya beserta Panitia PKK KPPS, serta Bawaslu Kota Yogyakarta.

Ketua Bawaslu Kota Jogja, Agus Inharto berharap pemberian formulir C6 kepada Sultan bisa mendorong partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,

“Bagaimana pun Sultan tetap menjadi panutan bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Kraton, Sigit Agung mengatakan, formulir yang diserahkan kepada Sri Sultan dan keluarganya sebanyak 12 formulir. Selain Sultan dan GKR Hemas, GKR Condrokirono, KPH Purbodiningrat dan cucu Sultan RM Gusthilantika Martel, GKR Maduretno, KPH Notonegoro, GKR Hayu, GKR Bendoro dan Ahmad Ubaidillah serta kerabat Sultan terdaftar di TPS 15. 

“Sultan dan GKR Hemas akan menyeblos di TPS 15, Panembahan, Kraton. Sementara, putri sulung Sri Sultan, GKR Mangkubumi akan menggunakan hak pilih di TPS 22 Panembahan, sesuai dengan tempat tinggalnya saat ini,” papar Agung.

Sigit mengatakan, biasanya Sri Sultan hadir paling awal di TPS. TPS sendiri dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Di TPS 15 nantinya, lanjut Sigit, para petugas akan mengenakan busana Jawa. TPS ini memiliki jumlah pemilih sebanyak 285 orang.

“Biasanya Ngarsa Ndalem datang pagi, hadir lebih awal. Tidak diistimewakan. Kalau hadir dengan nomor urut 8, tetap kami kasih kesempatan yang sama,” katanya.

Sri Sultan berharap masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya untuk masa depan Indonesia. Ia juga berharap pelaksanaan pemilu 2019 berjalan lancar dan masyarakat menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 17 April mendatang,

 “Saya mohon masyarakat yang memiliki hak pilih untuk bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik,” ujar Sultan usai menerima formulir C6 dari KPU.

Menurutnya, arah dan masa depan bangsa tergantung dari penggunaan hak pilih yang dilakukan masyarakat. Baik untuk memilih Presiden, anggota DPR RI, DPD dan sebagainya,

“Pemilu ini membawa kelangsungan pemerintah ini, gunakan hak (tidak Golput),” tutur Sri Sultan yang tengah berbusana Pramuka lengkap. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga