Hadapi Persaingan Global, PKM FH USM Beri Pemahaman Hukum dan Kesejahteraan kepada Siswa SMK Miftahul Ulum


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyatakat FH USM di SMK Miftahul Ulum Kabupaten Semarang. Foto: ist

SEMARANG  - Sebagai bentuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM), melakasanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Ulum Kabupaten Semarang, Kamis (22/08/2019).

Dosen FH Universitas Semarang, Mukharom, SHI.,MH mengatakan, dalam melaksanakan Tri Dharma, pihaknya bekerjasama dengan semua instansi yang memiliki visi dan misi yang sama yaitu mencerdaskan

kehidupan bangsa sebagai bentuk tanggungjawab insan akademis. Salah satunya, kata dia, yang dilaksanakan di SMK Miftahul Ulum

“Kegiatan di SMK Miftahul Ulum ini dengan tema hukum dan kesejahteraan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (23/08/2019).

Ia menjelaskan,  tema tersebut dibahas menjadi tiga kategori sub tema. Pertama, tentang Peningkatan Pemahaman siswa terhadap peran pemuda dalam pembangunan sesuai dengan UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

Dalam kesempatan tersebut,  Mukharom, sendiri menjadi salah satu pematerinya. Pemateri lainnya yaitu  Dharu Triasih, SH.,MH. dan Endah Pujiastuti, SH.,MH. Selaku presenter dalam kegiatan tersebut Tri Mulyani, SH., MH dan Laksana Budi Ermawan.

“Inti yang disampaikan adalah bahwa peran pemuda sangat penting untuk memajukan Indonesia, cirinya harus memiliki keunggulan kompetensi dan keberanian kompetisi. Kedua, peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA),” katanya.

Mukharom menambahkan, KIA menjadi sangat fital untuk identitas anak lebih terlindungi dan harapannya lebih sejahtera.

Kemudian tema Ketiga, peningkatan pemahaman siswa tentang perjanjian jual beli melalui sebuah website (E-Commerce). Era digital saat ini harus diantisipasi segala kemungkinannya, dengan mengetahui hukum transaksi elektronik tersebut masyarakat tidak mudah tertipu dan lebih waspada dalam bermedia sosial,

“Ketiga sub tema tersebut menjadi sangat penting diketahui oleh semua elemen masyarakat termasuk siswa dan siswi kelas 10 sampai dengan 12 SMK Miftahul Ulum Kabupaten Semarang sebagai generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Sementara itu Dharu Triasih berharap,  dengan kegiatan bersama FH Universitas Semarang ini, Siswa SMK Miftahul Ulum menjadi generasi yang unggul, berkarakter dan berakhlak mulia,

Menurutnya  Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus di sekolah-sekolah tingkat SLTA di wilayah Provinsi Jawa Tengah,

“Karena merkalah generasi era milenial yang memiliki tanggungjawab di era global sehingga perlu edukasi dari semua bidang, termasuk di dalamnya adalah bidang hukum sebagai pemandu dalam beraktivitas, baik lingkup nasional maupun dalam pergaulan internasional,” ujarnya.

Senada diungkapkan Endah Pujiastuti. Ia berharap semua pihak mendukung PKM FH USM demi kepentingan bersama,

“Harapan ini akan menjadi nyata jika semua elemen mendukung dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara,” pungkas Endah. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga