Senin, 23/12/2019 19:57 WIB | Dibaca: 253 kali

Bawaslu Sleman Lantik Panwascam untuk Pilkada 2020


Bawaslu Sleman melantik dan mengambil sumpah Panwascam untuk Pilkada 2020 di di Hotel Grand Keisha Yogyakarta, Senin (23/12/2019). Foto: Ali Muttaqin

SLEMAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman melantik dan mengambil sumpah Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk bertugas dalam Pemilihan Kepala Daerah  (Pilkada) Sleman 2020, di Hotel Grand Keisha Yogyakarta, Senin (23/12/2019).

Ketua Bawaslu Sleman, M. Abdul Karim Mustofa menuturkan, para Panwascam yang dilantik sebelumnya telah melalui serangkaian seleksi, dari seleksi administratif, tes tertulis berbasis komputer dengan aplikasi socrative, tes wawancara, hingga masukan masyarakat.

Ia menegaskan, dalam menyeleksi Calon Panwascam, Bawaslu Sleman melakukan penilaian dengan mengedepankan objektifitas,

“Kami seobjektif mungkin menilai mereka-mereka yang layak, karena memang berintegritas dan sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan,” katanya seusai melantik dan mengambil sumpah para Panwascam.

Dijelaskan Karim, jumlah Panwascam untuk masing-masing kecamatan sebanyak 3 orang, sehingga total untuk 17 kecamatan di Sleman sebanyak  51 Panwascam,

“Dalam pelantikan kali ini ada dua personil Panwascam yang tidak bisa hadir, yakni dari kecamatan Turi dan Kecamatan Cangkringan. Terhadap kedua orang tersebut nantinya akan dilakukan pelantikan atau pengambilan sumpah susulan,” imbuhnya.

Usai pelantikan, kata Karim, para Panwascam kemudian mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertujuan untuk memberikan pendalaman materi tentang pengawasan pemililihan. Materi disampaikan oleh lima komisioner Bawaslu Sleman.

Ia menambahkan, dalam Bimtek, para Panwascam terlantik diberikan arahan agar nantinya dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya,

“Kami memberikan arahan-arahan yang sifatnya perundang-undangan, hukum, ketatanegaraan, dan juga teknis dari proses pengawasan pemilihan di Kabupaten Sleman  tahun 2020. Harapannya para Panwascam, bisa menjalan kan tugasnya dengan baik dan benar,” tutupnya.

Acara pelantikan Panwascam se Kabupaten sleman tersebut dihadiri Ketua Bawaslu RI, Abhan, Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono beserta jajaran, serta unsur Forum Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Sleman, serta para Camat di Kabupaten Sleman. (ali)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 


 





Baca Juga