Bawaslu Sleman Minta Masukan Masyarakat Terkait Track Record Calon Panwaslu Desa


Staf Panwascam Kalasan menempel pengumuman hasil seleksi administrasi dan wawancara Panwaslu Desa. Foto: Ozy

SLEMAN – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Sleman, telah menyelenggarakan tahapan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Desa untuk 86 desa di seluruh Kabupaten Sleman untuk mengawasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub) Sleman 2020.

Seleksi calon anggota Panwaslu Desa telah dilaksanakan sejak 16 hingga 22 Februari 2020. Untuk hasil seleksi adminsitrasi dan wawancara telah diumumkan pada 25 Februari 2020, kemarin, 

“Terkait pengumuman hasil  seleksi tersebut, Bawaslu Kabupaten Sleman mengharapkan tanggapan dan masukan dari masyarakat Sleman terhadap nama-nama calon yang sudah mengikuti seleksi ini,” kata anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (26/02/2020).

Vici  yang juga koordinator divisi SDM, organisasidan Data Informasi, menambahkan, bahwa sesuai tahapannya, tanggapan dan masukan masyarakat dapat disampaikan ke lembaga pengawas pemilu, bisa ke Panwascam di masing-masing kecamatan atau ke Bawaslu Sleman sampai dengan 10 Maret 2020. 

“Dalam rekrutmen calon Panwaslu Desa yang sedang sudah berlangsung ini, kita membuka seluas-luasnya tanggapan dan masukan dari masyarakat sejak diumumkannya nama-nama yang lolos pada 25 Februari sampai dengan 10 Maret 2010,”kata ujarnya.

Vici menjelaskan, terkait tanggapan dan masukan ini, masyarakat dapat menyampaikan secaralangsung ke Panwascam masing-masing atau melalui surat yang dikirim. Bahkan, pihaknya juga sudah menyediakan form tanggapan dan masukan yang harus diisi sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia menambahkan, dalam proses seleksi ini Bawaslu Sleman sangat mengharapkan adanya peran serta masyarakat dalam memberikan tanggapan dan masukan terhadap peserta atau calon pengawas Pemilu di tingkat desa yang sudah dilakukan penjaringan. Hal ini menurutnya penting karena Bawaslu Sleman dan Panwascam se Kabupaten Sleman secara detail harus mengetahui rekam jejak setiap pelamar, 

“Terhadap seluruh peserta yang mengikuti tes ini, belum tentu kita mengetahui secara keseluruhan mengenai track and record mereka. Begitu juga terkait integritas yang dimiliki setiap calon. Untuk itu kami sangat mengharapakan adanya tanggapan dan masukan dari masyarakat,”tutupnya. (pr/rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati


 





Baca Juga