POKMAS LIPAS Bidang Hukum LBH Sembada Optimasilasi Pendampingan ABH di Bapas Jogja


POKMAS LIPAS Bidang Hukum LBH Sembada Optimasilasi Pendampingan ABH di Bapas Jogja

Yogyakarta - Lembaga Bantuan Hukum(LBH) Sembada dan Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta(Bapas Jogja) bekerjasama melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum Optimalisasi Pendampingan ABH di Wilayah Kerja Bapas Jogja. Acara digelar di aula Bapas Jogja, Jalan Trikora No 1, Rabu (16/9/2020). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bapas Jogja, Muhammad Ali Syeh Banna, perwakilan dari LBH Sembada dan pegawai Bapas Jogja.

Kepala Bapas Jogja dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa tujuan dari penyuluhan serta diskusi optimalisasi pendampingan ABH tersebut diharapkan agar tercipta kerjasama dan kesesuaian pandangan antara Bapas Jogja dan LBH Sembada dalam mendampingi anak yang berhadapan dengan hukum.

"Kita berharap agar hubungan mitra antara Bapas Jogja dengan LBH Sembada dapat terjalin dengan baik dan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat”, ungkap Ali Syeh Banna.

Dalam pertemuan hingga siang hari dengan antar kedua mitra tersebut, banyak membahas hambatan dan praktik dilapangan yang dialami baik oleh Pembimbing Kemasyarakatan(PK) Bapas Jogja maupun penasehat hukum dari LBH Sembada. Pembentukan kerjasama dengan LBH Sembada sebagai Pokmas sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang pedoman pembentukan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan pada Balai Pemasyarakatan, Nomor : PAS-06.OT.02.02 Tahun 2020.

Ahmad Afan, Direktur LBH Sembada ditemui setelah acara menyampaikan bahwa penyuluhan hukum ini lebih bersifat diskusi, diantara kami dari LBH Sembada dan Bapas, apa yang diperlukan oleh LBH maupun Bapas, agar dapat mencapai optimalisasi untuk ABH, kegiatan siang ini sangat baik, harapan kami hasilnya bisa kita aplikasikan di lapangan," jelasnya.

Acara ditutup oleh moderator pukul 12.00 WIB “Semoga kerjasama antar LBH Sembada dan Bapas Yogyakarta tidak hanya pada pendampingan namun pada saat konsultasi dan pasca pendampingan”, tutup lara dari LBH Sembada.(Nab)

Redaktur : Hennyra


 





Baca Juga