Kamis, 14/01/2021 07:24 WIB | Dibaca: 223 kali

Knowledge Sharing IPKEMINDO Bapas Jogja Mendukung Tugas PK


Knowledge Sharing IPKEMINDO Bapas Jogja Mendukung Tugas PK,Foto:ist

Yogyakarta - Bertempat di ruang sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan(TPP) Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta, dilaksanakan knowledge sharing. Kegiatan ditujukan bagi pegawai Pembimbing Kemasyarakatan(PK) baru yang bergabung diawal tahun 2021 di Bapas Kelas I Yogyakarta, Farid Edy Susanta Ketua Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia(IPKEMINDO) Wilayah Yogyakarta sebagai narasumber dalam knowledge sharing kali ini, Rabu(13/01/2021).

Muhammad Ali Syeh Banna selaku Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, mengawali  sambutan berharap dalam knowledge sharing seluruh PK baru ini menyimak apa yang disampaikan. Selain itu kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengalaman sesuai apa yang telah dilakukan di Bapas Kelas I Yogyakarta. 

“Harapan saya untuk menunjang segala bentul tugas fungsi Bapas PK Bapas baik personel lama maupun baru dapat menjalankan kegiatan dengan maksimal ditengah segala keterbatasan fasilitas disini, tetap semangat karena semata mata yang terbaik untuk klien Bapas,” harapnya.

Ketua IPKEMINDO Farid Edy Susanta, menjelaskan tentang  garis besarnya beban kerja sebagai PK baik Madya, Muda, pertama.

“Kategori tindak pidana yang ditangani PK disesuaikan dengan jenjang PK masing-masing, dan diharapan segala tugas dan fungsi, baik pengawasan, bimbingan, terutama pendampingan klien anak harus sesuai dengan undang undang system peradilan pidana anak yang berlaku,” jelasnya.

“Tugas PK selalu berhubungan dengan apparat penegak hukum seperti Polisi, Jaksa mapun Hakim, koordinasi yang baik harus terjalin sehingga memaksimalkan dalam upaya penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum(ABH),’ tambah Farid.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini dilanjutkan dengan diskusi, dan sharing tentang pengalaman kerja dengan membahas Teknik-teknik dilapangan dalam pendampingan dalam penyidikan maupun kiat kiat jitu lainnya untuk memperlancar tugas sesuai dengan paeraturan yang berlaku.

knowledge sharing yang diikuti oleh PK baru diantaranya adalah PK Madya Agus Prakoso, PK Madya Armunanta, PK Madya Dhandy dan PK Muda dan PK pertama, dilanjutkan dengan praktek kerja dilapangan sesuai dengan metor PK baru masing masing.

Ditemui usai kegiatan Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna mengatakan bahwa, kegiatan knowledge sharing ini salah satu bentuk coorparate university menunjang program Kementerian Hukum dan HAM, dan merupakan agenda rutin yang akan selalu dilaksanakan di Bapas Kelas I Yogyakarta.

“Coorparates University merupakan hal yang harus dilakukan dan dilaksanakan setiap saat bagi personel Bapas yang setelah melakukan kegiatan Pendidikan dan Latihan pengembagan sumberdaya manusia tetapi bukan hanya hal tersebut knowledge sharing pun sangat penting karena hal tersebut membgi pengalaman kerja dilapangan,”Tutupnya.(Stf)

Redaktur: Hennyra


 





Baca Juga