Agus Prakoso, Siapkan Ipkemindo DIY untuk sinergi, Dinamis, dan Progresif


Agus Prakoso, Siapkan Ipkemindo DIY untuk sinergi, Dinamis, dan Progresif , Foto Sekar

Yogyakarta – Pembimbing Kemasyarakatan(PK) Madya Agus Prakoso terpilih sebagai Ketua Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia(Ipkemindo) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2021-2022 dalam Musyawarah wilayah(Muswil) luar biasa yang berlangsung di aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia(Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu(17/02/2021).
"Bismillah, ini adalah amanah yang harus dijaga. Saya merasa terhormat bisa terpilih secara demokrasi , walau sebenarnya tidak berharap karena pengalaman tentang pembimbing kemasyarakatan masih miskin, insyaallah siap memimpin sebuah organisasi yang punya tujuan yang konkret untuk pengembangan pembimbing kemasyarakatan dan asisten pembimbing kemasyarakatan di Daerah Istimewa Yogyakarta ini ," ujar Agus Prakoso.

Di tengah pandemi ini, Agus mengharapkan, tidak menjadi penghalang PK maupun APK untuk terus bekerja optimal. "Kondisi pandemi ini tidak harus menjadi penghalang untuk menunjukkan kinerja, seperti telah disampaikan waktu lalu dengan hasil Rapat Kordinasi bahwa program kerja lalu tetap dilanjutkan, selain itu, langkah yang akan saya ambil adalah melaporkan hasil Rapat Koordinasi dan hasil muswil luar biasa kepada pembina wilayah, melakukan rapat pengurus dan membahas program dan progress Ipkemindo tahun 2021" ucap dia.
“Harapannya Ipkemindo bisa bersinergi, lebih dinamis dan progresif, serta harapan untuk PK dan APK sebagai anggota Ipkemindo untuk berpartisipasi aktif, inovatif demi kemajuan Ipkemindo,” Tambahnya.
Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani dalam arahannya sebelum muswil luar biasa bahwa, Agus Prakoso menggantikan Farid Edy Susanta, bukan karena ketua sebelumnya mempunyai kesalahan dalam memimpin tetapi Ipkemindo Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2021 ini telah memiliki PK Madya sehingga perlu dibuat pembaharuan kepengurusan untuk peningkatan kinerja yang optimal.
Ketua sidang Muswil Luar biasa, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna mengungkapkan proses penyaringan Ketua Ipkemindo DIY didasarkan dari banyak aspek. "Dipilihnya Bapak Agus Prakoso sebagai ketua Ipkemindo DIY yang baru ini melalui proses penyaringan suara peserta sidang yang hadir dalam muswil luar biasa dan mendapatkan 24 surat atau sekitar 50 prosen dari peserta sidang. Banyak aspek yang dipertimbangkan, mulai dari kualifikasi, kompetensi, hingga komitmen terkait pengembangan kinerja PK dan APK, Selamat kepada Bapak Agus Prakoso semoga dua tahun kedepan Ipkemindo DIY menjadi lebih baik dalam mengoptimalkan kinerjanya" tutup Ali Syeh.(Sek)

Redaktur : Hennyra


 





Baca Juga