Direvitalisasi, Benteng Vredebrug Sepi Pengunjung

YOGYAKARTA – Musim libur Natal 2013 dan Tahun Baru, obyek wisata Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta tidak bisa sepenuhnya dinikmati para wisatawan. Hal itu disebabkan beberapa bangunan seperti Ruang Diorama 3 masih dalam tahap revitalisasi atau penyegaran isi bangunan.

Selain itu, di Museum Vredeburg juga belum dibuka lahan parkir, karena masih dalam tahap penyelesaian. Akibatnya, terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan.

Staf Pemandu Obyek wisata Benteng Vredeburg, Suseno mengatakan jumlah kunjungan wisatawan pada musim libur akhir tahun kali ini, mengalami penurunan cukup banyak dibanding tahun 2013.

“Libur akhir tahun 2012, kami bisa menjual 2.300 tiket per-hari, dengan demikian sebanyak 2.300 orang mengunjungi museum ini per-harinya. Namun, saat ini kami hanya bisa menjual 1.900 tiket per-hari,”ujarnya, Jumat (27/12/2013).

Suseno menambahkan, penurunan jumlah kunjungan wisatawan tidak hanya pada saat musim liburan akhir tahun ini saja. Namun, sudah terjadi sebelum musim libur akhir tahun tiba, tepatnya sejak diperbaikinya lahan parkir dan dimulainya proses revitalisasi.

Pada hari biasa, kunjungan wisatawan bisa mencapai 500 hinga 700 orang per-hari. Namun, setelah proses perbaikan itu dimulai, kunjungan wisatawan hanya mencapai 100 hingga 150 orang per-hari.

Menurutnya, masih banyaknya kunjungan wisatawan ke Museum pada musim liburan kali ini, karena diuntungkan dengan letaknya yang strategis yaitu di kawasan heritage.

“Pihak kami akan terus berusaha mempercepat perbaikan, baik pada bagian lahan parkir maupun beberapa bangunan yang direvitalisasi. Kami berharap semua akan selesai pada tanggal 1 Januari 2014,” pungkas Suseno. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com