Kunjungan ke Tamansari, Wisatawan Domestik Naik, Asing Turun

YOGYAKARTA -Memasuki minggu terakhir dalam liburan tahun baru, masih banyak wisatawan dari luar Kota Yogyakarta yang memanfaatkan waktu santainya untuk mengunjungi obyek-obyek wisata bersejarah, tak terkecuali ke permandian Taman Sari.

Parjio (57) salah satu karyawan bagian tiket objek wisata Tamansari mengaku untuk liburan kali ini, kunjungan wisatawan meningkat tajam. Sepanjang libur tahun baru, kunjungan wisatawan domestik rata-rata bisa mencapai 1 000 orang. Hal itu berbeda dengan hari-hari libur biasa yang hanya berkisar sekitar 300 pengunjung tiap harinya.

Namun demikian, kata Parjio, untuk liburan kali ini, jumlah kunjungan wisatawan lokal ke Tamansari berbanding terbalik dengan wisatawan asing.

“Bulan Desember lalu wisatawan asing banyak sekali, bisa sampai 200 orang. Tapi kalau bulan sekarang turun menjadi sekitar 150, ” ujarnya disela-sela bertugas.

Meski ramai pengunjung di hari libur, harga tiket masuk di obyek wisata pemandian raja Ngayugyokarto Hadiningrat ini tidak mengalami perubahan. Harga masih sama dengan hari-hari biasa, yakni untuk wisatawan lokal sebesar Rp 4.000 sedangkan untuk wisatawan asing Rp 10.000.

Salah seorang wisatawan di Tamansari, Linda(25) asal Cirebon mengaku baru sekali ini ia berkunjung ke Tamansari.

“Senang rasanya bisa mengetahui sisa-sisa peninggalan sejarah jaman dulu. Susana dan panorama Tamansari ini sungguh indah, sehingga cocok untuk berfoto-foto. Kalau ke Jogja lagi saya akan ke sini,” ujarnya.

Sementara wisatawan lainnya Adi (23) asal Cilacap, Jawa Tengah mengatakan, meski sudah sering berkunjung ke Tamansari, namun ia tak pernah bsan.

“Kalau liburan ke Jogja, pasti mampir ke Tamansari. Kalau belum ke Tamansari itu rasanya kurang lengkap, seperti ada yang kurang gitu,” pungkasnya. (ynr)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com