Edutek  

Gunungkidul Wakili Indonesia dalam Microsoft Educators ke Barcelona

GUNUNGKIDUL – Guru SMA Pembangunan 4 Playen, Betty Sekarasih Hadi Yani berhasil menjadi salah satu wakil Indonesia dalam Microsoft Expert Educators dan Mentor Schools yang akan digelar dalam acara Global Forum di Barcelona pada 11-14 Maret mendatang.

Terpilihnya Betty bermula ketika melihat kondisi siswanya tidak bersemangat untuk belajar. Siswa di sekolahan tersebut juga sebagaian buangan dari sekolahan favorit di Gunungkidul. Bahkan jumlah siswa di SMA Pembangunan 4 Playen hanya 54 siswa.

“Siswa di sekolahan kami (SMA Pembangunan 4 Playen) membutuhkan motivasi lebih untuk mau belajar,” ungkapnya kepada wartawan, usai berpamitan dengan Bupati Gunungkidul Hj Badingah S.Sos mewakili Indonesia ke Barcelona, Kamis (27/2/2014).

Dengan kondisi itu, kata Betty, mempunyai keinginan untuk membuat suatu program pembelajaran yang bisa memotivasi para siswa. Ia kemudian bersama dua guru lain, Nugroho Budi Santoso dan Temmy Agung Nugroho membuat program pembelajaran berbasis teknologi microsoft dan alam.

“Konsepnya sederhana, mengajak siswa untuk belajar langsung di obyek-obyek wisata alam yang ada di Gunungkidul dengan memanfaatkan teknologi,” katanya.

Betty menjelaskan, ia bersama kedua rekan kerjanya memanfaatkan aplikasi Microsoft Auto Collage, Bing, Photostory 3 for windows, Microsoft Office Publisher dan Microsoft office Powerpoint dalam pembelajaran berbasis proyek dengan mengusung tema mempromosikan objek wisata di Kabupaten Gunungkidul (Promoting Tourism Objects in Gunungkidul Regency).

“Para siswa diajak langsung ke lokasi obyek wisata untuk belajar sekaligus berkomunikasi langsung dengan pelaku wisata dan metodei itu menggairahkan semangat belajar siswa,” katanya.

Nugroho menambahkan, metode pembelajaraan yang memanfaatkan aplikasi microsoft dan alam tersebut kemudian diikutkan dalam Microsoft Expert Educator yang diselenggarakan oleh raksasa komputer dunia, Microsoft.

“Semula hanya ikut saja, karena saingannya 250 karya guru inovatif dari 80 negara di dunia. Setelah diumumkan ternyata kami berhasil lolos. menjadi salah satu wakil Indonesia dalam Microsoft Expert Educators dan Mentor Schools yang akan digelar dalam acara Global Forum di Barcelona pada 11-14 Maret mendatang,” pungkasnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com