Oknum Dewan Lecehkan Wartawan Kotori Demokrasi, Tak Layak Dipilih Lagi

BANTUL – Direktur Indonesian Court Monitoring (ICM), Tri Wahyu KH, mengecam pelecehan profesi wartawan oleh oknum anggota DPRD Bantul, Sarinto. Dia menegaskan memberi dukungan penuh langkah jurnalis perempuan, Bhekti Suryani bersama LBH Pers dan AJI Yogyakarta untuk mendesak Badan Kehormatan (BK) DPRD Bantul memberikan sanksi tegas kepada Sarinto yang juga menjabat ketua Komisi D DPRD Bantul .

“Badan Kehormatan DPRD Bantul mestinya bekerja serius untuk tuntaskan kasus ini” kata Wahyu, yang turut serta dalam aksi solidaritas di depan Kantor DPRD Bantul, Jumat (21/03/2014) siang.

Wahyu menambahkan Sarinto yang kini kembali maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, tidak mencerminkan sebagai wakil rakyat yang demokratis dan tidak mendukung supremasi hukum.

“Sebagai anggota dewan seharusnya tahu jika Pers adalah pilar ke 4 demokrasi. Kerja-kerja jurnalistik itu diatur dan dilindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 yang lex specialis. Harusnya paham apa itu hak jawab dan bagaimana prosedurnya. Tindakannya sama saja mengotori demokrasi,” tukasnya.

Sebagai anggota Koalisi Pemilih Kritis (KPK), dia mengajak warga DIY terutama daerah Kasihan dan Sedayu untuk semakin kritis dan tidak pilih caleg yang bermasalah.

“Sikap semakin kritis dari warga khususnya di Kasihan dan Sedayu, Bantul, sangat diperlu dan jangan pilih caleg bermasalah” ujar suami dari Vitrin Haryanti ini.

Aktivis LSM lain yang mendukung aksi solidaritas tersebut adalah, Irwan Suryono. Dia menanandaskan, seharusnya jika Sarinto merasa keberatan dengan pemberitaan, seharunya menggunakan hak jawab atau melapor ke Dewan Pers.

“Jangan melecehkan profesi wartawan dan jangan marah-marah. Jika tidak senang dengan pemberitaan silahkan gunakan hak jawab” tambah Koordinator Masyarakat Transparansi Bantul (MTB) itu.

Irwan menguraikan bahwa pelecehan verbal terhadap jurnalis perempuan, Bhekti Suryani merupakan ancaman bagi kemerdekaan pers di Indonesia.

Massa aksi solidaritas yang digelar LBH PERS, AJI, dan aktivis tersebut ditemui Sekwan DPRD Bantul dan perwakilan anggota DPRD Bantul, Amir. Keduanya berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut ke Badan Kehormatan. (bhr)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.