Diperiksa Bawaslu, Hanafi Rais Bantah ada Kampanye di Pengajian Kampus

YOGYAKARTA – Badan Pengawas Pemilu Daerah Istimewa Yogyakarta (BAWASLU-DIY) Selasa (01/07) siang memeriksa Putra Tokoh Reformasi Amin Rais, yaitu Hanafi Rais terkait dugaan kampanye dan penyampaian visi misi yang dilakukan Cawapres Hatta Rajasa saat pengajian Dan Dzikir Akbar di lingkungan kampus Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) beberapa waktu lalu.

Selain Hanafi Rais Bawaslu juga memeriksa ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Kota Yogya Heri Zudianto dan Penyelenggara pengajian Gus Miftah karena pada saat yang bersamaan ketigannya hadir dalam acara tersebut.
Ketua Bawaslu DIY Muhammad Nadjib mengatakan dari hasil pemeriksaan hari ini pihaknya belum bisa secara langsung menyimpulkan prihal dugaan kampanye gelap yang dilakuakan Cawapres Hatta Rajasa.

“Saya belum bisa menyimpulkan karena masih perlu dikaji lagi,” terang Muhammad Nadjib Selasa (01/07) Siang.

sebanyak 19 pertanyaan diajukan kepada Hanafi terkait penyelenggaraan pengajian serta kebenaran penyampaian visi-misi di agenda tersebut.

Sebelumnya Bawaslu juga telah memeriksa pihak pengelola gedung spotarium UMY untuk melengkapi data pemeriksaan, mengingat masa kadaluarsa kasus ini hanya 5 hari terhitung dari pelaporan.

Sementara itu usai diperiksa Bawaslu Hanafi Rais menyatakan dari hasil pemeriksaannya hari ini dia meyakini bahwa Cawapres Hatta Rajasa tidak melakukan kampanye di komplek kampus, melainkan di ruang publik yang disediakan pihak kampus.

“Pak Hatta tidak menyampaiakan kampanye ataupun penyampaian visi-misi waktu pengajian, jadi itu tidak benar kalo disebut pengajian dimanfaatkan untuk kepentingan politik,” ucap Hanafi Rais.

Lebih lanjut ia mengatakan pengajian yang dilakukan kemarin di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta merupakan pengajian dan dzikir rutin tiap bulan sekali, namun terkait kehadiran Hatta Rajasa dalam pengajian tesebut ia mengaku tidak mengerti sama sekali karena pengajian ini adalah milik umum siapa saja boleh ikut temasuk Calon Presiden.

“Soal kehadiran Hatta Rajasa dalam pengajian saya tidak tahu siapa yang mengundang,” kata dia. (war)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.