Tuntunan Menjadi Seorang Istri dan Ibu yang Baik

Oleh: Elif zj*

Tidak salah memang bahwa rasulullah SAW. Bersabda: “neraka diperlihatkan kepadaku, ternyata kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita. Para sahabt bertanya, “apakah karena mereka kufur terhadap Allah?” beliau menjawab, “mereka kufur terhadap suami dan mengingkari kebaikannya, seandainya kamu berbuat baik pada salah seorang dari mereka selama satu tahun, kemudian ia melihat sesuatu (yang  tidak ia sukai) darimu, ia akan mengatakan, ‘aku tidak pernah melihat satu kebaikanpun darimu.” (H.R Bukhari).  Karena faktanya saat ini banyak perempuan yang tidak menaati suaminya dan tidak mengetahui kewajiban-kewajibannya sebagai seorang istri.

Untuk menjadi seorang istri atau bahka seorang ibu tentu semua wanita bisa namun untuk menjadi seorang istri sekaligus seorang ibu yang baik dan benar menurut ajaran Islam belum tentu semua wanita bisa. Karena kenyataannya sekarang banyak istri-istri yang tidak mengetehaui  tugas-tugas dan kewajibannya.

contoh kecilnya saja sekarang banyak wanita yang keluar rumah tanpa izin dari suami. Padahal itu sangat dilarang oleh agama. Sesuai dengan sabda Nabi : “ia tidak boleh keluar dari rumahnyakecuali dengan izin suaminya. Jika ia berbuat demikian, maka Allah akan melaknatnya dan para malaikat memarahinya kembali, meskipun suaminya itu adalah orang alim.” (H.R Abu Daud).

Dan tidak jarang wanita yang tidak mensyukuri pemberian suami. padahlal tiidak mensyukuri pemberian suami sama halnya dengan tidak mensyukuri pemberian Allah. Sebab,nafakah yang diberikan suami kepada istri pada hakikatnya adalah pemberian Allah SWT. Karena itu, Allah tidak sudi memandang seorang istri yang tidak mensyukuri pemberian suaminya (Hal 97). Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. “Allah tidak akan memandang wanita yng tidak bersyukur kepada suaminya padahal ia butuh kepadanya.” (HR. Hakim)

Bukan hanya itu terkadang sebagai seorang ibu banyak wanita yang tidak tahu cara mendidik anak-anaknya. Banyak seorang ibu yang selalu  membanding-bandingkan anaknya, memberi label  negatif terhdapnya, dan sebagainya. padahal sebagai seorang ibu kita tidak boleh melakukan hal itu. Akan tetapi sekarang seorang istri atau seorang ibu banyak yang tidak mengetahui  kewajiban serta tugas-tugas yang benar sehingga menyebabkan  banyak kaum wanita yang celaka di akhirat.

Oleh karena itu “wajib” bagi seorang istri, seorang ibu, atau bahkan yang belum menikah sekalipun untuk membaca buku setebal 203 hal ini, yang didalamnya telah penulis rangkum tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang istri kepada suami dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ibu kepada anaknya agr kita bisa menjadi istri sekaligus ibu yang baik dan selamat dari apai neraka. Selamat membaca!

DATA BUKU

Judul: Andakah Perempuan Malang Itu?

Penulis: Syauqi Abdillah Zein

Penerbit: sabil

Cetakan: pertama, februari 2015

ISBN: 978-602-279-145-4

Tebal:  204 halaman

*peresensi adalah pegiat LPS (lembaga pers siswa), sekaligus aktivis sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.