Meraup Keuntungan Besar dari Pekerjaan Sepele

Oleh: Saiful Fawait*

 

Judul: Jadi Miliarder dari Bisnis Tour, Travel, Umrah, & Paket-Paket Request Khusus+Waralabanya
Penulis : Rusdi Andika
Penerbit : Flash Books (Diva Press)
Cetakan : 2014
ISBN : 978-602-255-715-9
Tebal : 204 halaman

  

Bisnis merupakan hal penting dalam rangka menjaga keberlangsungan hidup sejahtera, karena bisnis merupakan usaha untuk mengais rezeki Tuhan yang bersifat finansial di alam jagad raya ini. Sehingga hal tersebut sangat penting mengingat kebutuhan manusia terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masalah finansial. Dapat dikatakan bahwa untuk menjaga kehidupan sejahtera, manusia harus berbisnis, karena bisnis termasuk dalam kategori kasab yang memang dianjurkan dalam agama Islam.

Hal ini dapat kita lihat dalam Al-Qur’an, Allah berfirman “Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung” (QS. Al-Jumu’ah: 10) oleh karena itu, mencari karunia Tuhan yang bersifat finansial merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah setelah kita selesai menyembah (beribadah) kepada-Nya.

Hidup di era modern seperti saat ini mengejar kebutuhan ekonomi memang sangat penting. Terlebih hampir semua harga barang dan kebutuhan hidup mengalami kenaikan yang cukup tinggi, sedangkan lapangan kerja yang ada di Indonesia ini tidak mampu memuat untuk sekadar menampung tenaga kerja Indonesia. Banyak anak muda berpendidikan hanya menjadi penganguran, apalagi mereka yang tidak berpendidikan. Jadi, tak usah heran kalau warga Indonesia banyak yang menjadi TKI di negara orang lain.

Dari hal demikian, kita dituntut untuk mempunyai kekreatifan dalam menciptakan bisnis yang dapat menjamin kesejahteraan masa depan kita. Dalam buku yang berjudul “Jadi Miliarder dari Bisnis Tour, Travel, Umrah, & Paket-Paket Request Khusus + Waralabanya”, Rusli Andika menawarkan sebuah bisnis dengan pekerjaan sepele, tetapi bisa meraup keuntungan yang besar, bahkan bisa menjadi seorang miliarder melalui bisnis tour and travel.

Bisnis tour and travel dapat juga disebut dengan biro perjalanan wisata (BPW) adalah bisnis yang menyediakan berbagai layanan kepada pelanggan tentang sebuah perjalanan, mulai dari pembelian tiket pesawat, tempat penginapan, menuliskan jadwal perjalanan, memberikan informasi tentang tempat tujuan wisata dan lain sebagainya (hal. 11). Dan hal tersebut tidak membutuhkan banyak tenaga dan biaya, kita hanya cukup menyediakan ruangan berukuran 3×4 untuk melakukan bisnis ini, atau bahkan bisa dilakukan di rumah kita. Kita tidak usah berjalan bolak-balik ke suatu tempat menuju tempat lain untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang beberapa objek wisata, karena bisnis ini bisa kita lakukan via online.

Kita bisa meraup keuntungan yang sangat besar dari bisnis yang dilakukan dengan pekerjaan yang sepele ini. Selain itu, hal yang lebih menarik dari bisnis ini adalah; bisnis ini tidak hanya tertuju pada paket wisata ke luar negeri saja, tetapi juga paket wisata religi seperti umroh dan haji. Jadi dari bisnis ini, kita bisa membantu orang-orang yang akan melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Sehingga dari hal itu otomatis kita akan mendapatkan pahala juga karena telah membantu mereka. Bahkan di dalam Al-Qur’an Allah telah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk selalu saling tolong-menolong dalam kebaikan, Allah berfirman, “… Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya”. (QS. Al-Maidah: 2)

Sehingga dapat dikata, menjadi BWP untuk paket umroh akan mendapatkan dua keuntungan; yaitu di dunia dan juga di akhirat kelak. Keuntungan di dunia adalah bisa mendatangkan omzet miliaran rupiah per bulannya. Pasalnya, jasa tour and travel saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat, terutama paket wisata religi seperti umrah dan haji. Menurut data Kementerian Agama, jumlah jamaah umrah di Indonesia meningkat dari sekitar 500 jamaah pada tahun 2012 menjadi sekitar 1 juta jamaah pada tahun 2013 (hal. 21). Sehingga dari meningkatnya jumlah jamaah umrah ini dapat kita jadikan sebagai ladang bisnis yang bisa meraup keuntungan yang sangat besar.

Bisnis tour and travel ini tidak hanya untuk wisata-wisata yang ada di luar negeri, akan tetapi wisata-wisata yang ada di Indonesia ini juga dapat kita manfaatkan untuk bisnis ini. Kita dapat mengenalkan berbagai tempat wisata Indonesia kepada warga Indonesia itu sendiri, ataupun kepada turis asing. Keindahan alam dan keasrian wisata Indonesia dapat menarik perhatian mereka jika kita mau mengenalkan kepada mereka.     Jadi, dengan bermodal kecakapan untuk melobi turis dalam memperkenalkan tempat-tempat wisata Indonesia maka kita akan meraup hasil yang tinggi dari orang-orang turis tersebut.

Akan tetapi sebelum kita memulai bisnis tour and travel ini terlebih dahulu kita harus mempunyai wawasan tentang objek-objek wisata, baik di dalam ataupun di luar negeri, di samping itu kita harus tahu bagaimana cara memperkenalkan objek tersebut kepada pelanggan, selain itu kita harus mengetahui bagaimana cara membuat jadwal perjalanan.  Yang paling penting kita harus mengenal instansi dan pihak yang terkait dengan bisnis tour and travel ini. Karena kesuksesan dan kelancaran usaha ini sangat bergantung pada sejauh mana pengetahuan kita tentang itu semua.

Untuk memulai pengetahuan tentang bisnis tour and travel ini alangkah baiknya kita membaca buku yang ditulis oleh Rusdi Andika ini, di dalamnya dikupas tuntas tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis tour and travel. Bagi yang berminat untuk memulai dan menekuni bisnis ini ‘wajib’ untuk mempunyai buku ini. Karena buku ini ditulis oleh orang yang sudah beberapa tahun menekuni bisnis tour and travel, dan sudah memiliki omzet miliaran rupiah per tahunnya. Selamat membaca!!!

*Siswa Kelas Akhir MA Tahfidh Annuqayah, Sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Infitah MA Tahfidh Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.