Siapkan Satgas Banjir, Prajurit Lanal Latihan Motoris Perahu Karet

YOGYAKARTA – Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut  (Lanal) Yogyakarta menggelar latihan motoris (pengemudi) perahu karet di laguna pantai Depok Bantul, Kamis (08/11/18).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd mengungkapkan, latihan bertujuan untuk mempersiapkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Banjir di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Penyiapan Satgas Banjir Lanal Yogyakarta sebagai upaya mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor yang juga pernah terjadi pada tahun 2017, serta sebagai salah satu bentuk nyata Operasi Militer Selain Perang (OMSP) Lanal Yogyakarta dalam membantu pemerintah daerah, khususnya tugas kemanusiaan untuk masyarakat,” tuturnya saat meninjau langsung pelaksanaan latihan.

Danlanal berharap dengan latihan motoris perahu karet yang diselenggarakan, personel nantinya mampu dengan baik mengoperasikan dan memanuverkan perahu karet saat terjadi evakuasi korban banjir,

“Serta senantiasa siap siaga karena bencana banjir datangnya tidak diketahui, untuk itu perlu disiapkan kemapuan personel dan kelengkapan peralatan sedini mungkin dengan baik,” tegas Danlanal Yogyakarta.

Latihan motoris dipimpin oleh Dansatma Lanal Yogyakarta Kapten Laut (E) Totok Musyanto selaku koordinator dan diikuti 10 personel yang tergabung dalam Satgas Banjir Lanal Yogyakarta. Kekuatan satgas banjir setara 2 Satuan Setingkat Peleton (SST) yang terdiri dari gabungan personel unsur pelaksana, Pos TNI Angkatan Laut (Posal), Intel dan Polisi Militer (Pomal), dengan perlengkapan sarana dan prasarana (Sarpras) perahu karet, dayung, jaket keselamatan/live jacket serta alat komunikasi (Alkom). (kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com