Banyak Kesamaan, Poldiv Bulgaria dan DIY Bisa Bangun Kerjasama

YOGYAKARTA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak persamaan dengan Provinsi Plovdiv di Bulgaria. Hal itu dikemukakan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Bulgaria Merangkap Albania dan Makedonia, HE Sri Astari Rasjid saat kunjungan ke Yogyakarta, Selasa (01/05/2019) kemarin,

“Di bidang kebudayaan Plovdiv sedang menjadi European Cultural Capital 2019. Di bidang pariwisata Plovdiv juga merupakan destinasi yang populer di Eropa, Jogja juga sama,” ungkap Sri Astari Rasjid saat diterima Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas di Kraton Kilen, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Selain kedua bidang tersebut, menurut Sri Astari di bidang pendidikan, Universitas di Plovdiv juga dikenal cukup baik, sama seperti Jogja yang dikenal sebagai kota pelajar. Beberapa persamaan tersebut menurutnya menjadi potensi antara Provinsi Plovdiv dan DIY bisa saling bekerjasama.

Untuk mengawal proses kerjasama ini, Dubes Sri Astari Rasjid menyatakan akan segera menindaklanjuti bersama Kementerian Luar Negeri RI dan Bulgaria.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY Drs. Arief Hidayat, Gubernur DIY menyambut baik rencana ini,

“Pelaksanaan tindak lanjut berikutnya sebenarnya bisa dipercepat, tetapi kemungkinan awal tahun depan baru akan dijalankan secara lebih terperinci bersama dengan program sister province yang lain seperti kerjasama dengan Krakow, Polandia,” ungkapnya sebagaimana dikutip keterangan resmi humas Pemda DIY. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.