Kodim Bantul Peringati Hari Lahir Pancasila

BANTUL – Seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0729/Bantul melaksanakan upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, di Makodim 0729/Bantul, Sabtu (01/06/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos, M.I.Pol.

Dalam amanatnya, Dandim membacakan sambutan dari Plt. Kepala Bandan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hariyono.

Menurut Hariyono, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para Pendiri Bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME untuk bangsa Indonesia,

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” katanya.

Hariyono menjelaskan, berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong,  keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.

“Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, seperti apa yang telah Bung Karno katakan dengan sebutan Jas Merah. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride),” kata Hariyono dalam amanat tertulisnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kaos olah raga secara simbolis oleh Dandim kepada perwakilan Prajurit dan PNS Kodim Bantul.(kt3)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.