Keluarga Besar Galaksi 45 Rayakan Idul Fitri Bersama dengan Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA – Keluarga Besar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gabungan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Proklamasi 45 (Galaksi 45) merayakan Hari Idul Fitri 1442 Hijriyah dengan penuh hikmat meski di tengah Pandemi Covid-19. Saat melaksanakan silaturahmi terbatas seluruh aktivis Galaksi 45 menerapkan protokol kesehatan secara ketat,

“Kami dari Keluarga Besar UKM Galaksi 45 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mohon maaf kesalahan baik sengaja atau tidak, mari selalu berbuat kebaikan, manfaatkan waktu sebaik mungkin, semoga kita semua mencapai kesalehan individu dan sosial, dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Kepada masyarakat yang merayakan Idul Fitri jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan,” ucap Pembina UKM Galaksi 45 Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM mewakili seluruh penggiat UKM Galaksi 45.

Putri mengatakan, selama setengah tahun ini Galaksi 45 telah melaksanakan kegiatan program kerja sesuai yang diagendakan tentunya dengan adanya beberapa perubahan di sana sini menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19,

“Sehingga nantinya kegiatan yang dilaksanakan tetap menjaga protokoler kesehatan, diantaranya menerapkan 3 M Cita Mas Jajar, cuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, selanjutnya, kebiasaan untuk menggunakan masker terlebih ketika keluar dari rumah, dan selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan ataupun mengurangi aktivitas melibatkan banyak orang. Hal ini untuk mencegah UKM tidak menjadi cluster baru dalam penyebaran Covid-19,” ungkapnya dalam keterangan pers kepada jogjakartanews.com, Senin (17/05/2021).

Menurut Putri, di bulan Ramadhan Galaksi 45 telah melakukan kegiatan Buka Puasa dan Tebar Takjil, dimana dalam pelaksanaannya juga mengutamakan protokoler kesehatan.

Ketua panitia kegiatan Ramadhan Galaksi 45, Lingga Cahyo Nugroho mengatakan bahwa dalam acara amaliyah Ramadhan yang telah dilaksanakan juga dihadiri oleh Kabag Kemahasiswaan Universitas Proklamasi 45, Ketua Panitia, Ketua Umum Galaksi 45 periode 2021-2022, Ketua Umum Galaksi periode 2019-2021, perwakilan senior Galaksi 45, dan anggota Galaksi 45 yang masih berada di Jogjakarta.

Ketua Umum Galaksi 45 Periode 2021-2022 Setianto Wahyu Pratama mengatakan kegiatan selama bulan Ramadhan lebih simple dan lebih mengutamakan silaturahmi serta bentuk kegiatan berbagi kepada sesama.

Di sisi lain, Putri yang juga menjabat sekretaris Universitas Proklamasi 45 mengingatkan bahwa puasa selama 30 merupakan wadah training pengendalian diri,

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial, bulan yang penuh hikmah dimana didalamnya ada satu malam yang nilainya lebih dari 1000 bulan. Di bulan ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa, tawadhu mendekatkan diri kepada Allah. Di bulan Ramadhan pula kita melaksanakan berbagai ibadah baik wajib maupun ibadah sunah. Jika kita melaksanakan ibadah fardhu di bulan Ramadhan artinya kita sudah mempersiapkan dan menyempurnakan 7 ibadah fardhu di bulan – bulan berikutnya. Bulan Ramadhan adalah bulan paripurna syahrul ibadah, syahrul gufron syahrul fat syahrul quran,” ungkapnya.

Gemblengan pengendalian diri di bulan Ramadhan antara lain untuk menahan nafsu dan syahwat. Menurutnya ada 7 hal yang harus dilakukan. Diantaranya pejamkan mata untuk tidak melihat hal yang buruk, jaga lidah untuk tidak menyakiti sesama, jaga pendengaran untuk mendengar hal hal yang tidak baik, jaga anggota tubuh untuk tidak terjerumus perbuatan dosa, jangan berlebihan, terlebih makan saat berbuka. Ia juga mengingatkan agar hendaknya hati selalu resah apakah ibadah yang telah dilakukan diterima atau tidak oleh Allah, sehingga akan terus memperbaiki ibadah hari demi hari. Terakhir, kata Putri, selalu jaga kesehatan serta memanfatkan seluruh kecerdasan multiple intelligence kita baik spritual, emosional, intelligen, kinestetik dan lainnya untuk selalu berbuat kebaikan,

“Kemudian di bulan Syawal mari kita isi lembaran dengan meningkatkan berbagai macam amal kebaikan dan ibadah kepada Allah. Dan dalam pasca Ramadhan marilah kita lestarikan, kita kembangkan dan tingkatkan amalan-amalan yang sudah biasa kita lakukan pada bulan Ramadhan. Demikian agar perjalanan hidup kita pada masa-masa mendatang senantiasa membawa manfaat,” pungkas Putri. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.