Tim Robot ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2021

YOGYAKARTA – Tim robot Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menyabet gelar juara umum tingkat nasional dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang digelar secara daring 15-16 Oktober 2021.
 
Dalam KRI Nasional ini terdapat 138 tim dari berbagai perguruan tinggi yang beradu memperebutkan gelar juara nasional. Tim-tim tersebut merupakan tim terbaik yang sebelumnya berhasil lolos seleksi dari KRI tingkat wilayah yang digelar pada akhir September 2021. Kompetisi berlangsung secara daring oleh peserta di kampus masing-masing, sementara dewan juri dan paniti secara luring terpusat di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. Pada penyelenggaraan kontes tahun ini UGM dipercaya sebagai tuan rumah KRI 2021 tingkat wilayah dan nasional.
 
Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si., menyampaikan bangga meski di tengah pandemi, KRI tetap bisa dilaksanakan dengan melakukan adaptasi. Melalui kompetisi ini diharapkan bisa memberikan manfaat secara luas bagi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat khususnya di bidang robotika. 
 
“Harapannya dari kontes robot ini bisa diperoleh manfaat yang lebih luas.  Puspresnas berkomitmen memberikan jaminan karir belajar dan karir profesional,” paparnya saat memberikan sambutan dalam penutupan KRI Nasional yang digelar secara luring terbatas di Balai Senat UGM, Sabtu malam (16/10).
 
Rektor UGM, Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng.,  selaku tuan rumah penyelenggara KRI menyampaikan rasa terima kasih telah dipercaya sebagai tuan rumah KRI tingkat wilayah dan nasional. “Selamat untuk para pemenang, dengan kompetisi ini mahasiswa bisa belajar bersama atur strategi, inovasi, dan berinteraksi. Selain itu juga bisa menjadi bekal untuk menciptakan inovasi baru bagi kemajuan bangsa,” katanya.
 
KRI 2021 melombakan enam divisi yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid). 
 
Dalam Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional tahun 2021 diikuti oleh 138 tim dengan rincian KRAI 19 tim, KRSRI  42 tim, KRTMI 24 tim, KRSTI 18 tim,KRSBI-Beroda 22 tim, dan KRSBI-Humanoid 13 tim. (pr/kt1)
 
Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *