Dosen UP45 Mengikuti Loka Karya Energi Terbarukan Level Internasional

YOGYAKARTA – Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45, Rr.Putri Ana Nurani, SS,MM mengatakan Universitas Proklamasi 45 sebagai The University of Petroleum terus meningkatkan dalam pengembangan riset dan pengabdian pada bidang energi.

Upaya tersebut seperti yang telah dilakukan oleh salah satu dosen UP 45 yang berhasil mengikuti International Training Workshop on Renewable Energy of Overseas Applied Demostration of China-ASEAN.

“Pada tanggal 11 – 30 Oktober 2021, salah satu Dosen Universitas Proklamasi UP45, M.Noviansyah Aridito, M.Sc.,  Dosen Prodi Teknik Lingkungan , mengikuti International Training Workshop on Renewable Energy of Overseas Applied Demostration of China-ASEAN setelah lengkap mengirimkan berkas dan persyaratannya,” tutur Putri, Minggu (07/11/2021).

Putri menjelaskan, Pelatihan ini diadakan oleh Pemerintah Laos melalui Kementerian Energi dan Mineral (Ministry of Energy and Minerals) dan Pemerintah Tiongkok (RRC) melalui Kementerian Ilmu pengetahuan dan Teknologi (Ministry of Science and Technology). Peserta Training berjumlah 30 peserta dari 4 negara ASEAN yakni 25 peserta dari Laos, 2 peserta dari Kamboja, 2 peserta dari Thailand dan 1 peserta dari Indonesia,

“Training ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan di bidang energi terbarukan, khususnya Solar Energy (Photovoltaic) , Solar Heater dan Biogas,” ujarnya. 

Teknis pelaksanaan training dilaksanakan oleh REMI (Renewable Energy and Material Instritute) Laos dan Beberapa Profesor dari Universitas di China yakni Yunan Normal University, Tsinghua University dan Tianjin University yang memberikan materi berupa perkuliahan teoritis dan eksperimen lapangan.

Materi tentang energi surya mulai dari panel surya, modul panel surya, software dan implementasi pada berbagai keperluan. Materi tentang energi surya sebagai sumber energi pemanas seperi woater heater, solar heater, solar cooling system juga di berikan hingga pada percobaannya. Materi tentang Biogas dan Bioenergy juga diberikan dari teori hingga praktek yang telah dilakukan di Laos dan China. Training di akhiri dengan Presentasi dari masing-masing peserta dan ujian tertulis dari penyelenggara. Training di tutup dengan acara kelulusan/Graduation dan diberikan sertifikat kelulusan.       

“Keikutsertaan training ini sangat bermanfaat untuk UP 45 sebagai The University of Petroleum yang berfokus pada pengembangan Riset dan Pengabdian pada bidang Energi. Selain itu, memberikan kesempatan peluang untuk membuka jejaring pada tingkat global pada pengembangan di bidang energi, khususnya energi baru terbarukan,” imbuh Putri.

Secara khusus Training sangat bermanfaat untuk Fakultas Teknik, khususnya Teknik Lingkungan UP45 untuk peningkatan kapasitas sesuai dengan Kurikulum Prodi Teknik Lingkungan yang memiliki kekhususan di bidang Energi Terbarukan baik Surya, Waste to energy dan Bioenergy (Biomass, Biofuel, biogas), Air, Angin, dan Panas bumi.

“Diharapkan, hasil dari training ini dapat diimplementasikan dalam pengembangan riset, perkuliahan, dan pengabdian kepada masyarakat dan memperkuat Universitas Proklamasi 45 sebagai The University of Petroleum yang berfokus pada bidang energi” pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.