Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman Resmi Dilantik, Berikut Daftar Nama Para Pengurusnya


Ibu PAUD Kabupaten Sleman menyerahkan SK kepada Ketua Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman. Foto: Fafa.

SLEMAN- Akademisi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Nur Cholimah, M.Pd resmi dilantik sebagai Ketua Kelompok Kerja Ibu Pendidikan Anak Usia Dini (Pokja Ibu PAUD) Kabupaten Sleman periode 2021-2024. Ia beserta 36 jajaran pengurusnya dilantik oleh Bupati Sleman sekaligus Ibu PAUD Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, di Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (27/11/2020) siang.

Nur Cholimah menuturkan, dirinya siap mengemban amanah sebagai Ketua Pokja PAUD Kabupaten Sleman yang bertugas untuk melaksanakan program-program kerja Ibu PAUD Kabupaten Sleman, yaitu mewujudkan PAUD Berkualitas dan Berbudaya berbasis Holistik Integratif.

Menurut kandidat doktor pada program S3 Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNY ini, ada tiga hal yang terukur agar PAUD bisa disebut telah melaksanakan Holistik Integratif. Pertama, PAUD harus memperhatikan pendidikan anak. Kedua PAUD yang memperhatikan gizi dan kesehatan anak. Kemudian yang ketiga, PAUD yang memperhatikan pengasuhan perlindungan dan keamananan anak. Sedangkan berbudaya menekankan pada upaya menanamkan perilaku santun dan rukun yang menjadi salah satu ciri khas budaya masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan Pengurus Pokja Ibu PAUD yang di dalamnya merupakan perwakilan dari berbagai unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Organisasi mitra PAUD, Nur Cholimah optimis bisa melaksanakan program-program kerja Ibu PAUD Kabupaten Sleman,

“Harapannya dengan dikukuhkan Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman ini, semoga dapat berkonstribusi dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas santun dan berbudaya. Bismillah optimis bisa, karena kami mendapat dukungan dari Ibu Bupati sekaligus Ibu PAUD Kabupaten dan  berbagai OPD, organisasi mitra serta gugus PAUD,” tutur pencetus Model Pembelajaran Moral dalam Keluarga (MPMK) ini.

Ketua Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD) Kabupaten Sleman yang sekaligus Sekretaris Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman, Haryanti M.Pd menambahkan, Pokja Ibu PAUD telah melaksanakan serangkaian kegiatan rapat koordinasi dan rapat perumusan program kerja melalui daring maupun luring terbatas, pada Rabu (24/11/2021) dan dilanjutkan pada Sabtu (27/11/2021) pagi sebelum dilantik.

Menurut Haryanti, dalam Pokja terdapat empat bidang yang relevan dengan program kerja Ibu PAUD Kabupaten Sleman. Yaitu, Bidang Pendidikan dan Sosial Budaya, Bidang Kesehatan dan Gizi, Bidang Perlindungan dan Kesejahteraan, serta Bidang Humas dan Publikasi.

Haryanti berharap dengan personil pengurus yang memiliki beragam keahlian dan berasal dari perwakilan berbagai instansi atau OPD serta organisasi mitra, Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman akan memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk lebih memajukan PAUD di Kabupaten Sleman,

“Langkah kami selanjutnya setelah dikukuhkan adalah menjalankan amanah ini dengan melaksanakan program kerja yang telah disusun. Nantinya juga akan ada pembentukan Pokja Ibu PAUD di tingkat Kapanewon (Kecamatan) dan Kalurahan (Desa) yang diharapkan bisa mempercepat target untuk mewujudkan PAUD berkualitas di Kabupaten Sleman. Kami sangat mengharapkan semua elemen masyarakat juga turut bergerak untuk mewujudkan program Ibu PAUD Kabupaten Sleman,” pungkas Haryanti.

Pelantikan Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan tersebut dihadiri Ketua Pokja Ibu PAUD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati (GKBRAAPaku Alam X. Selain itu, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman H. Harda Kiswaya,SE,M.Si serta sejumlah pejabat OPD Kabupaten Sleman. Antara lain dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas P3AP2KB, BAPPEDA, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pariwisata, Dinas Perpustakaan, Dinas Kebudayaan, Dinas Dukcapil, Dinas PMK serta Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Berikut Susunan Pengurus Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman Periode 2021-2024, sesuai dengan Keputusan Bupati Sleman Nomor : 69/Kep.KDH/A/2021, tanggal : 22 Nopember 2021

PEMBINA: Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo

PENGARAH: (1) R. Ay. Sri Hapsari Suprobo Dewi, SE (2) dr. Mafilindati Nuraini, M. Kes 

KETUA : Nur Cholimah, M.Pd

Wakil Ketua 1 : Dra. Tuarini, M.Pd

Wakil Ketua 2 : Ana Amalia Rizqi, S.K.M

Wakil Ketua 3 : Dra. Sungkawati Budi Rahayu, M.Si

Wakil Ketua 4 : Dra. Shavitri Nurmala Dewi, M.A

SEKRETARIS : Haryanti, M.Pd

Wakil Sekretaris 1 : Ratna Dwi Rahayu, S.Pd

Wakil Sekretaris 2 : Resmi Widayati, S.Pd

BENDAHARA          : Mushabikhah, S.Pd

Wakil Bendahara  : Sri Rejeki, SE

BIDANG PENDIDIKAN DAN SOSIAL BUDAYA

Koordinator : Septiyati Purwandari, M.Pd

Anggota : Dra. Sri Sumiyatun; Femmy Handayani, S.STP, M.Si; Emi Nur Insani Khasanah, S.IP, M.Si; Sudarti, M.Pd; Heni Ida NurWidyaningtyas, S.Pd; Widyastuti, S. Sos; Isti Arwanti, SE

BIDANG KESEHATAN DAN GIZI

Koordinator : Vista Ari Rahmawati, S.Gz

Anggota : Anna Maria Sri Wijayanti, S.P; Elis Indriani, S.Pd; Eny Susilowati, S.Pd; Fidiyan Istuti; Hanik Mariyani

BIDANG PERLINDUNGAN DAN KESEJAHTERAAN

Koordinator: Widaningsih, S.K.M, M.P.H

Anggota : Purwandari, SH; Wahyudin Hadi, S.ST; Rr. Endang Mulatsih; Endang Widianingsih, S.Pd, M.S.I; Suparmi, S.Pd.AUD

BIDANG HUMAS DAN PUBLIKASI

Koordinator: Purwati, SH,MM

Anggota: Sri Mardianti, ST, S.Pd; Jainudin Walid, S.Pd; Fefin Dwi Setyawati, SE; Nur Jazilah, ST; Nuzula Rohmah Nugrahainy, SS. (rd1)

Redaktur: Ja'farudin, AS


 





Baca Juga