Gerak Cepat, POKJA Ibu PAUD Sleman Gandeng DINKES Pantauan DDTK Anak di Ngaglik

SLEMAN – Kelompok Kerja Ibu PAUD Kabupaten Sleman yang baru saja dilantik oleh Ibu PAUD sekaligus Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, Sabtu (27/11/2021) langsung bergerak cepat. Dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman, Pokja Ibu PAUD  melakukan pendampingan dan pemantauan pelaksanaan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK) di KB-TK Taman Bahagia Kapanewon Ngaglik, Sleman, Senin (29/11/2021).

Wakil Ketua II Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman, Ana Amalia Rizki,S.K.M mengatakan, Kegiatan dihadiri oleh 30 orang dengan melibatkan berbagai unsur seperti lembaga PAUD di Kapanewon Ngaglik, Dinas Kesehatan, Puskesmas setempat dan mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Menurut Ana, Kegiatan DDTK di Kapanewon Ngaglik merupakan kegiatan pertama Pokja Ibu PAUD yang setelah dilantik,

“Dengan menggandeng berbagai instansi terkait salah satunya Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Pokja Ibu PAUD mengawali program kerjanya dalam bidang Gizi dan Kesehatan Anak. Dengan terbentuknya Pokja Ibu PAUD, semakin dekat untuk mewujudkan PAUD berkualitas di Kabupaten Sleman,” kata Ana, Selasa (30/11/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Ana mensosialisasikan POKJA Ibu PAUD dan memaparkan program -program kerja yang telah disusun. Kegiatan DDTK menjadi salah satu implementasi program dari bidang Kesehatan dan Gizi,

“Pendampingan pelaksanaan DDTK ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik PAUD khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam melaksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Program ini menjadi langkah awal bagi Kerjasama Pokja PAUD dan Dinas Kesehatan untuk mewujudkan PAUD Sleman berkualitas di masa mendatang,” ujarnya.

Ana berharap, dengan Kolaborasi Pokja Ibu PAUD dan Dinas Kesehatan diharapkan menjadi api pemantik untuk instansi dan pihak lain yang dapat membantu mewujudkan PAUD Sleman berkualitas, dengan saling memberikan layanan lintas sektor untuk perkembangan dan pertumbuhan anak PAUD yang maksimal di Kabupaten Sleman.

Sementara itu, perwakilan pendidik dari KB Taman Bahagia Ngaglik, Maryati mengatakan dengan adanya kunjungan tim dari Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman dan Dinkes, ia mendapatkan pengetahuan baru terkait DDTK,

“Kami sebagai pendidik memang harus bisa terampil dalam mendeteksi tumbuh kembang anak usia dini, supaya jika terjadi gangguan lebih awal itu kita dapat memantau, sehingga akan mendapatkan penanganan yang lebih baik,” ungkapnya.

“Kami berterimakasih kepada Tim dari Dinas Kesehatan, Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman dan Puskesmas Ngaglik, yang telah melakukan pembinaan, sehingga  ilmu yang kami dapatkan bisa kami implementasikan di lembaga kami dan bisa membagikannya juga ke lembaga lain,” ucap Maryati.

Terpisah, Ketua Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman, Nur Cholimah, M.Pd menuturkan, Kegiatan DDTK yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinkes dan Puskesmas Ngaglik merupakan salah satu bagian dari program kerja Bidang Kesehatan dan Gizi  Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman,

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan DDTK yang telah dilaksanakan Bidang Kesehatan dan Gizi Pokja Ibu PAUD  bekerjasama dengan Dinkes dan Puskesmas Ngaglik. Saya berharap, kegiatan perdana Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman setelah dilantik ini akan terus dan ditingkatkan. Demikian juga dengan Bidang Pendidikan dan Sosial Budaya, Bidang Perlindungan dan kesejahteraan, serta Bidang Humas Dan Publikasi yang juga akan segera melaksanakan program-program kerja untuk mewujudkan PAUD berkualitas di Sleman,” kata Nur Cholimah.

Menurut Nur Cholimah, program kerja yang disusun Pokja Ibu PAUD merupakan pengejawantahan program Kerja Ibu PAUD Kabupaten Sleman, yaitu PAUD Berkualitas berbasiskan Holistik Integratif dan Berbudaya. Ia menjelaskan PAUD Holistik Integratif yaitu memberikan layanan kepada anak baik berupa pendidikan, pengasuhan, kesehatan dan gizi serta perlindungan secara optimal. Dari sisi Budaya diantaranya menanamkan sikap sopan, santun, dan rukun yang merupakan karakteristik khas masyarakat Yogyakarta,

“Selain dari sisi pendidikan dan kebudayaan, sasaran dari program Ibu PAUD Kabupaten Sleman adalah kesehatan anak yang lebih baik. Kegiatan DDTK menjadi salah satu implementasi program untuk meningkatkan kesehatan anak sekaligus mencegah Stunting yang menjadi salah satu program prioritas Ibu PAUD Kabupaten Sleman,” pungkas Nur Cholimah. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.