Online Fall Program 2021 Ditutup, UP 45 Yogyakarta Berperan Aktif Sukseskan Acara

YOGYAKARTA – Online Fall Program (program musim gugur) yang diselenggarakan Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, dan Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali, resmi ditutup pada 29 November 2021 yang lalu. 

Online Fall Program bertajuk “Visual Ethnography” yang dimulai tangga 1 November 2021 tersebut dilaksanakan untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan diikuti perwakilan peserta dari berbagai negara antara lain India, Jerman, Filipina, Thailand, Timor Leste dan Indonesia.

UP 45 sebagai salah satu penyelenggara, berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan Online Fall Program tersebut.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UP 45, Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM menuturkan, Visual Etnografi merupakan topik yang menarik untuk dibicarakan, terutama bagi generasi milenial.

Putri menjelaskan,  etnografi adalah suatu bidang penelitian ilmiah yang sering digunakan dalam ilmu sosial, terutama dalam antropologi dan beberapa cabang sosiologi. Etnografi juga dikenal sebagai bagian dari ilmu sejarah yang mempelajari masyarakat, kelompok etnis dan formasi etnis lainnya, etnogenesis, komposisi, perpindahan tempat tinggal, karakteristik kesejahteraan sosial, juga budaya material dan spiritual mereka. Etnografi sering diterapkan untuk mengumpulkan data empiris tentang masyarakat dan budaya manusia. 

Menurutnya, acara lintas universitas  dari berbagai daerah dan melibatkan perguruan tinggi dari luar negeri tersebut membahas berbagai ilmu pengetahuan,

“Mungkin  acara ini merupakan hal baru bagi mahasiswa. Misalnya untuk mahasiswa program studi perminyakan UP 45 atau mungkin semua mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang program studi, universitas dan negara yang berbeda. Namun semua peserta  antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung hampir selama satu bulan ini,” tuturnya, Kamis (23/12/2021).

Putri menjelaskan, dalam kegiatan Online Fall Program disampaikan berbagai materi  oleh para pembicara yang merupakan pakar-pakar dan ahli dari berbagai perguruan tinggi. Selain saling berbagi ilmu pengetahuan terkait etnografi, berbagai kegiatan menarik dilaksanakan dalam acara tersebut, diantaranya cooking class.

Dalam mengikuti kegiatan, mahasiswa yang menjadi peserta juga bergabung dalam forum diskusi dan mendapatkan bimbingan dari para dosen,

“Mahasiswa yang mengikuti Online Fall Program mendapatkan bimbingan dan panduan dari dosen, sehingga aktif berpartisipasi dan memberanikan hati, mengkayakan diri dengan banyak membaca serta memahami berbagai ilmu pengetahuan. Bukan itu saja, peserta juga dilatih untuk berani berbagi pikiran atau pendapat, dan pengetahuannya,” ungkap Putri.

Putri mengaku bangga dengan peserta, khususnya mahasiswa UP 45 yang mau dan mampu mengatur waktu agar dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Meskipun kegiatan dilangsungkan secara daring, tidak mengurangi antusiasme peserta,

“Saya percaya tidak hanya semangat Anda, motivasi Anda membawa Anda menuju kehidupan yang sukses di masa depan tetapi juga Anda tidak ragu-ragu untuk membangun peningkatan kapasitas diri Anda termasuk untuk meningkatkan hard dan soft skill Anda,” ucap putri untuk para peserta.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, UP 45 Febriyanti A. Ginting,SPd,MSc  mengungkapkan, ia mengapresiasi kegiatan fall program kali ini,  

“Saya berharap melalui kerjasama ini dapat kembali dilaksanakan pada waktu mendatang,” harap Febri.

Menurut Febri, Event Online fall program adalah bentuk kegiatan pertukaran pelajar dan bagian dari kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa belajar bagaimana mendengarkan, memberikan argumentasi, berkomunikasi untuk memahami satu sama lain peserta yang berasal dari berbagai negara yang berbeda adat istiadat dan cara hidupnya,

“Saya yakin kita semua mendapatkan hikmat kebijaksanaan, nilai moral, dan manfaat lain dari acara ini,” ungkapnya.

Febri mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Rektor UP45, Ir. Bambang Irjanto,MBA; Rektor UKDW, Henry Feriadi,MSc,PhD; dan Rektor Undhira Bali, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama,SE) ,M.MA,MA. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada  Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama UKDW dan Undhira Bali, Kepala KUI UKDW Dr. Lucia Krisnawati dan KUI Undhira Bali, Ni luh Christine Suyasa,MPar,

“Terimakasih juga saya sampaikan kepada seluruh panitia yang memberikan kehangatan, kesabaran , proaktif, jujur, solid dan kerja keras untuk menyelenggarakan acara ini. Terima kasih saya ucapkan kepada semua pembicara yang terhormat, semua pengawas, semua siswa yang mengikuti program ini,” pungkasnya.

Closing Ceremonial Online Fall Program 2021 yang berlangsung pada pukul 14.30 (wita) hingga 16.45 wita di Bali dibuka dengan doa, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya. Acara selanjutnya laporan Koordinator Panitia Fall program Dr. Phil. Lucia D. Krisnawati. Seusai sambutan rektor ketiga universitas kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video Budaya Indonesia dan video karya mahasiswa peserta Fall Program.

Acara penutupan Online Fall Program  juga dimeriahkan dengan tari tradisional Bali “Panca Taksu” dan berbagi aktivitas kegiatan fall program.

Perwakilan peserta dari berbagai negara yang mengikuti online fall program juga menyampaikan testimoni atau kesan dan pesan yang baik selama mengikuti kegiatan.  Pada puncak kegiatan diberikan penghargaan bagi kelompok dengan presentasi project terbaik . (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.