Mau Nongkrong Asik Malam Hari di Jogja? Ini Dia 10 Tempat yang Perlu Dikunjungi

Jogjakartanews.com – Setelah pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan adanya kebijakan lepas masker, Yogyakarta Kembali bergeliat. Kota  yang tak pernah mati ini memang sempat menjadi sepi saat pandemi Covid-19 melanda. Tak ada lagi aktivitas di malam hari yang selama ini menjadi bagian dari daya tarik kota atau provinsi wisata dan budaya ini.

Nah, untuk anda yang kangen dengan suasana malam di Yogyakarta dan mencari tempat nongkrong yang asyik, berikut jogjakartanews.com merangkum 10 tempat yang perlu Anda kunjungi:

 

1.Air Mancur Kaliurang

 

Air mancur Kaliurang berada di Kawasan wisata Kaliurang kaki Gunung Merapi. berjarak sekiar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Wisata yang hanya dibuka pada malam hari ini terletak di gardu pandang Kaliurang tepatnya berada di Kaliurang barat. Wisata air mancur Kaliurang ini dimulai pada pukul 17.00 WIB dan berakhir pukul 23.00 WIB.

 

Air mancur Kaliurang memang merupakan tempat paling cocok untuk menghabiskan waktu santai malam di Yogyakarta dengan suasana yang lebih tenang dan tidak begitu ramai seperti di pusat kota. Tempat ini menampilkan air mancur menari dengan gemerlap cahaya lampu cantik yang ikut mengiringi gerakan tarian air tersebut.

 

Tempat wisata baru yang sedang hits ini sering menampilkan festival of light dengan berbagai tema. Sehingga saat wisatawan berkunjung ke tempat ini di lain waktu, tema yang dihadirkan di sini sudah berganti. Dengan adanya konsep yang berubah – ubah ini , maka wisatawan akan dibuat terus penasaran setiap kali kembali ke tempat ini. Dalam festival ini ditampilkan air mancur dengn berbagai hiasan lampu warna warni yang menyoroti gerakan tarian air yang meliak – liuk menyembur keatas.

 

2. Lesehan Sayidan

 

Lesehan sayidan terletak di timur jembatan Sayidan, Kampung Bintaran Kulon, Mergangsan. Nama Sayidan yang pernah dijadikan judul lagu oleh band Shaggydog menjadi semakin ikonik. Lokasi Lesehan sayidan yang berada di pinggiran kali Code memang layak menjadi tempat nongkrong malam hari.

Banyak menu makanan enak dan murah seperti aneka seafood, tahu, telur, bebek baik itu digoreng maupun dibakar dengan ditambah sambal yang dapat anda pilih sesuai dengan selera makan anda.

Tempat nya enak dan luas. Cocok buat nongkrong di malam hari sembari menikmati suasana Kota Yogyakarta. Sebelum pandemic, lesehan ini buka 24 jam. Mudah-mudahan setelah pelonggaran PPKM Kembali bisa buka 24 jam.

3. Kopi Jos Stasiun Tugu

 

Tempat nongkrong malam hari yang cukup legendaris di Yogyakarta adalah Kopi Jos. Lokasi Kopi Jos berada di Jalan Mangkubumi, samping stasiun Tugu Yogyakarta. Kopi jos sebenarnya mirip dengan angkringan. Bedanya di sini ada kopi khas yang disajikan dengan campuran arang membara. Jadi begitu dimasukkan ke kopi yang baru diseduh bunyiya “jos!”. Itulah kenapa dinamakan kopi jos.

Nongkrong malam hari di kopi jos memang ada sensasi tersendiri. Di kopi joss semua orang berbaur dengan suka cita hingga larut malam bahkan hingga dini hari.

 

4. Titik Nol Kilometer Jogja

 

Nol Kilometer Yogyakarta berada di ujung jalan malioboro menuju Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta. Tempatnya berada persis di depan Gedung Istana Presiden RI dan Monumen Serangan Umum 1 Maret atau kompleks benteng Vredeburg

Titik Nol memang menyuguhkan suasana yang asik di malam hari. Kita seperti berada di kota tua, karena dikelilingi bangunan peninggalan Belanda atau yang disebut juga dengan Loji. Saat malam hari bangunan-bangunan di kawasan ini dihiasi lampu merkuri kekuningan yang memancarkan kesan romantis dan syahdu. Di Titik Nol Kilometer ini cocok sekali untuk dijadikan tempat nongkrong dan spot foto instagramable.

Posisinya yang strategis membuatnya jadi lokasi berkumpul para wisatawan maupun para seniman. Dari Titik Nol Kilometer Anda bisa melihat hiburan-hiburan gratis dari budaya tradisional hingga seni modern.

 

5. Tugu Pal Putih

 

Tugu Pal Putih atau lebih popular dengan sebutan Tugu Jogja. Tempat ini sangat popular, karena Tugu Jogja menjadi ikon Yogyakarta. Tugu Jogja ini berada di tengah-tengah perempatan yang menghubungkan Jalan A.M. Sangaji, Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman, dan Jalan Margo Utomo (P. Mangkubumi). Tugu ini sekaligus adalah tanda garis penghubung dari gunung Merapi, keraton Yogyakarta, hingga pantai selatan.

Tugu Jogja adalah spot favorit untuk nongkrong malam hari. Nuansa harmonisnya akan sangat terasa, apalagi sembari menikmati makanan atau minuman khas di angkringan yang banyak terdapat di sekitarnya.

 

6. Loko Coffee

 

Loko Coffee berada di ujung sebelah utara Malioboro dekat dengan Taman Parkir Abu Bakar Ali dan masih jadi satu area dengan stasiun Tugu Yogyakarta.

 

Suasana malam di Loko Coffee tambah asik saat Anda duduk santai sambil menikmati secangkir kopi dan melihat lalu lalang kendaraan di jalan Malioboro. Kafe ini buka 24 jam dengan menu makanan dan minuman yang enak. Di kafe ini juga menyuguhkan hiburan live musik dari seniman seniman Jogja di malam hari.

7. Pendopo Lawas

 

Pendopo Lawas terletak di Alun-alun Utara Yogyakarta. Tempat ini dibuka mulai dari jam 4 sore hingga tengah malam. Waktu terbaik untuk nongkrong di sini adalah mulai dari jam 7 malam, karena di jam tersebut akan ada hiburan live music. Dengan begitu, Anda dapat nongkrong dan ngobrol bersama teman-teman sambil diiringi lagu.

 

8. Bukit Bintang

Bukit Bintang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Jogja. Bukit bintang menjadi salah satu wisata malam yang hits di Jogja.

Tempat ini disebut dengan Bukit Bintang karena di sana Anda dapat melihat kerlap-kerlip lampu kota Jogja dari ketinggian puncak bukit. Di sana Anda dapat nongkrong santai sambil lesehan dan juga mencicipi jagung bakar dan wedang ronde.

 

9. Watu Langit

 

Tak jauh dari Bukit Bintang, ada juga tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk nongkrong di malam hari yaitu Watu Langit. Watu Langit juga menawarkan keindahan kota Jogja dari atas bukit. Tempat ini berlokasi di Mlakon, Sambirejo, Prambanan, Sleman.

 

Di kompleks watu langit juga terdapat semacam warung atau angkringan untuk pengunjung. Pengunjung bisa menikmati sajian wedang ronde sembari melihat keindahan malam kota Jogja.

 

10 Taman Pelangi

 

Taman Pelangi Yogyakarta merupakan tempat wisata malam yang menampilkan warna-warni lampu lampion, sehingga terlihat seperti pelangi. Taman wisata ini terletak di Jalan Padjajaran, dan berada di lokasi Museum Monumen Yogya Kembali Yogyakarta.

 

Itulah 10 tempat yang asik dan cocok untuk nongkrong Ketika mengunjungi kota Gudeg ini. (*)

 

Redaktur: Faisal

59 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.