Dari Menghilangkan Stres Hingga Dipercaya Mengurangi Sel Kanker, Ini Khasiat Air Hujan yang Jarang Orang Tahu

Jogjakartanews.com– Meski diperkirakan akan dating musim kemarau, namun hujan di Sebagian besar wilayah Indonesia masih terjadi. Musim hujan bagi sebagain daerah menjadi sesuatu yang menakutkan. Seperti di Jakarta yang langganan kebanjiran, atau Semarang Jawa tengah.

Di sisi lain hujan atau air hujan diakui memiliki banyak manfaat. Kebanyakan yang diketahui adalah untuk menyuburkan tanaman atau di daerah tertentu dijadikan cadangan air untuk konsumsi maupun keperluan sehari-hari.

Namun kebanyakan orang belum tahu bahwa sesungguhnya air hujan memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan bahkan berkhasiat mengatasi berbagai keluhan penyakit dan juga untuk terapi kesehatan. Tentu saja, air hujan yang dapat digunakan untuk kesehatan adalah air hujan yang turun di lingkungan yang bersih, atau ditempatkan pada wadah yang bersih.

Lalu apa sajakah khasiat air huja untuk Kesehatan tubuh kita? Berikut  khasiat air hujan yang dirangkum jogjakartanews.com dari berbagai sumber terpercaya

1.Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Uap air atau H2O adalah kandungan utama yang terdapat pada hujan dengan persentase sebesar 99,9 persen. Sementara, sisanya tergantung pada lapisan atmosfer yang dilaluinya. H2O bermanfaat untuk terapi perawatan wajah.

Terapi H2O adalah terapi perawatan wajah menggunakan masker yang komposisi 99 persennya adalah air murni yang telah melalui proses penyulingan. Fungsinya adalah untuk mengembalikan kelembapan pada kulit. Menurut dr Bonny Octarima Ridhanty, dari CBC Esthetic Clinic, terapi H2O mampu mengembalikan kecerahan wajah dan membuat terlihat lebih segar hanya dalam waktu proses 50 menit.

Di sisi lain, pH basa dalam air hujan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu elastisitas kulit.

Tidak hanya membuat kulit sehat, mencuci rambut dengan air hujan dinilai baik untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut.  Saat mencuci rambut dengan air hujan, pH basa membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat.
 
2.Mengatasi Keracunan, Gangguan Pencernaan dan Menetralkan Asam Lambung

Air hujan juga mengandung zat karbon berupa silika yang merupakan zat debu yang mengikat molekul-molekul pada air hingga terbentuklah hujan. Banyak pakar Kesehatan menyebutkan bawa Karbon aktif atau arang aktif (activated charcoal) adalah zat yang bisa digunakan untuk mengatasi keracunan atau gangguan pencernaan, seperti perut kembung atau diare.

Namun di sisi lain ada catatan bahwa air hujan juga mengandung Asam Nitrat dalam kondisi tertentu. Hujan asam biasanya terjadi karena pencemaran oleh pabrik yang kotor atau dari semburan gunung berapi.

Nah, kandungan asam nitrat yang berlebihan ini disebut tidak baik dan bisa membahayakan. Biasanya, kandungan asam dapat dinyatakan dalam pH. Air hujan normal memiliki pH 6, sedangkan hujan asam memiliki pH di bawah normal, yaitu sekitar 5,7.

Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa air hujan dapat diminum jika dikumpulkan dengan cara yang tepat.  Air hujan harus disaring dengan peralatan bersih yang benar, disaring dengan cara yang benar, dan air hujan tersebut jatuh dari langit tanpa melewati perantara.

Untuk membantu menetralkan asam lambung dan menenangkan dinding lambung air hujan yang bersih bisa diminum sekitar dua hingga tiga sendok makan di pagi hari sebelum mengonsumsi apapun.

3.Menghilangkan Stres

Seperti layaknya anak kecil yang kerap bermain hujan-hujanan, air hujan memang dinilai membuat pikiran lebih tenang dan ceria. Mandi air hujan atau hujan-hujanan barangkali cocok bagi Anda yang penat dengan rutinitas sehari-hari. Namun jangan terlalu lama dan segera membilas diri dengan air tawar setelah hujan-hujanan

4. Menetralkan pH Darah Tubuh

Air hujan sangat murni dan memiliki pH yang sama dengan air suling dan air reverse osmosis atau RO. Dengan kandungan pH alkali, air hujan dinilai baik untuk kesehatan karena meningkatkan detoksifikasi serta membuat sistem pencernaan sehat.

Sama halnya dengan air alkali, air hujan dapat menetralkan pH darah tubuh dan membantu tubuh kita bekerja lebih efektif.  

5.Megurangi Sel Kanker

Kandungan pH basa di dalam air hujan disebut dapat membantu mengurangi bahkan menyingkirkan sel kanker. Beberapa studi menyebut Air hujan dinilai bisa dijadikan penawar yang baik untuk darah serta sel-sel tubuh. Hal inilah alasan mengapa air hujan disebut sebagai antioksidan.

Untuk itu, penderita kanker dianjurkan untuk meminum air hujan murni pada musim hujan pertama dalam jumlah yang banyak.

Itulah berbagai khasiat air hujan yang berguna untuk Kesehatan tubuh kita. Namun disarankan untuk pemanfaatan air hujan yang dikonsumsi langsung bagi penderita penyakit berat dan dalam penangan intensif dokter tidak dianjurkan. (*)

Penulis: Priska Ariana

Editor: Faisal

59 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.