Edutek  

Mau Tahu Cara Asik Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat Tanpa Kursus? yang Ke 3 Jarang Dicoba Lho

Jogjakartanews.com – Bahasa inggris adalah Bahasa internasional yang memudahkan komunikasi dengan masyarakat global. Kemampuan berbahasa inggris sangat diperlukan bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Orang yang memiliki kemampuan Bahasa Ingrris juga banyak dibutuhkan dalam dunia kerja  di dalam negeri saat ini.

 

Belajar Bahasa asing memang tidak mudah, butuh proses yang tidak instant. Namun, belajar Bahasa inggris di era digital ini sesungguhnya lebih mudah, bahkan mengasyikkan. Ada 3 hal mudah dan asyik untuk belajar Bahasa inggris. Apa Saja?

 

1.Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris yang Enak Didegar dan Mencari Artinya

 

Cara ini sudah terbukti efektif bahkan di Lembaga-lembaga formal, khususnya tempat anak-anak belajar Bahasa inggris, banyak yang menggunakan metode ini. Ada banyak lagu anak-anak dalam bahasa Inggris. Kebanyakan lagunya juga interaktif dimana anak-anak bisa mengikuti gerakannya serta mengajarkan kosakata-kosakata baru.

Dengan banyak memutar lagu anak-anak berbahasa Inggris, anak jadi bisa mengikuti lagunya dan melatih pelafalannya.

 

Namun untuk anda yang sudah dewasa tentu saja lagu-lagu yang dipilih disesuaikan. Misalnya lagu-lagu top 10 barat. Dalam seminggu bisa menghafal dan mengucapkannya dengan benar sekaligus hafal artinya sudah luar biasa.

 

Dengan begitu anda tidak perlu sulit-sulit pergi kelas bahsa Inggris tiap minggu untuk mendengarkanlistening bahasa Inggris. Dengan  mendengarkan lagu berbahasa inggris yang enak di dengar dan Anda sukai. Lebih bagus lagi jika liriknya bisa anda hayati dan didengar berkali-kali. Dengan begitu tidak perlu 1 minggu, tapi bisa jadi dalam 1 hari saja sudah fasih dalam hal listening! Dengarkan lagu-lagu yang enak didengar dalam bahasa Inggris.

 

Perkembangan industry music dunia sangat pesat. Setiap bulan setidaknya ada saja lagu baru yang muncul dan enak didengar. Nah, semakin banyak lagu dihafal berikut artinya maka semakin banyak pula kosa kata yang dihafal dan diucapkan. Modal awal berbahasa Inggris adalah memperbanyak kosa kata.

 

2. Menonton Film Menarik yang Bikin Penasaran

 

Sama halnya dengan mendengarkan music, menonton film juga mengasyikkan. Menonton film juga sebaiknya film yang disukai, setidaknya yang bisa membuat Anda mau nonton beberapa kali. Atau setidaknya dua kali. Nah, saat pertama kali nonton gunakan subtitle (terjemahan) Bahasa Indonesia. Yang kedua kalinya usahakan matikan subtitle agar Anda terangsang untuk mereka-reka dalam otak apa arti setiap ucapan pemerannya.

 

Jika masih kesusahan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Jika menemukan kata yang susah, catat dan cari artinya untuk menambah kamus kata bahasa Inggris Anda.

 

3. Berteman Dengan Netizen Berbahasa Inggris Melalui Platform Media Sosial

 

Cara ketiga ini juga cukup efektif. Banyak platform media sosial yang digunakan orang di berbagai belahan dunia. Misalnya Instagram, Facebook, Tweeter dan sebagainya. Cobalah Cari salah beberapa netizen yang aktif berbahasa inggris, lalu DM. sampai direspons. Awali obrolan dengan misalnya menyatakan salut atau suka dengan komentar atau postingannya.

 

Lalu bagaimana dengan cara berkomunikasi, kan belum menguasai Bahasa inggris. Gunakanlah Google Translate. Barangkali secara grammar masih kurang akurat, namun lama-lama jika sering komunikasi dengan teman sosial media kita dari luar negeri, apalagi bagi yang muda dan masih jomblo, kemudian timbul rasa jatuh cinta maka akan terlatih untuk lebih belajar dan belajar. Atau ternyata setelah berteman lama lalu teman kit aitu berkunjung ke Indonesia dan menjalin relasi bisnis, tentu akan termotivasi untuk lebih serius belajar berbahasa inggris.

 

Demikian 3 cara asik belajar Bahasa inggris tanpa perlu kursus yang perlu Anda coba. Semoga Berhasil. (*)

 

Penulis: Priska Ariana

 

Editor: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.